Urgensi Pengaturan Mengenai Perdagangan Opsi Biner Dalam Peraturan Bappebti

Irfanto, Muhammad Alwan Idha (2021) Urgensi Pengaturan Mengenai Perdagangan Opsi Biner Dalam Peraturan Bappebti. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perdagangan opsi biner adalah perdagangan opsi dengan menebak dari hanya dua kemungkinan yang tersedia, antara aset portofolio akan naik atau turun (yes or no proposition). Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif yaitu dengan mengkaji dan menganalisis permasalahan yang penulis angkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mengidentifikasi dan menganalisis urgensi pengaturan mengenai perdagangan opsi biner dalam peraturan serta untuk mendeskripsikan dan menganalisis substansi yang diperlukan dalam pengaturan mengenai perdagangan opsi biner dalam peraturan BAPPEBTI. Metode pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan perundang-undangan (Statue Approach). Untuk bahan hukum yang digunakan berupa bahan peraturan perundang-undangan, buku, jurnal dan situs terpercaya di internet. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tidak adanya aturan atau kepastian hukum yang khusus mengenai perdagangan opsi biner di Indonesia, padahal perdagangan ini sudah mulai diiklankan beramai-ramai dan dipertontonkan kepada masyarakat di media sosial, khususnya di YouTube.

English Abstract

A binary option only allows people to have a choice of yes or no proportion, or whether a portfolio will grow or not. With a normative-juridical method and statutory approach, this research aims to identify and analyse the urgent necessity of the regulation concerning binary option and to describe the trade of binary option as regulated in Commodity Futures Trading Regulatory Agency (commonly abbreviated as BAPPEBTI). The research data were obtained from legislation, books, journals, and reliable sources from the Internet. This trade has been massively advertised and broadcast on social media especially Youtube, and they are accessible by the public, while the related regulations and legal certainty are absent in Indonesia.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052101
Uncontrolled Keywords: Urgensi Hukum, Opsi Biner, Bappebti., urging law, binary option, BAPPEBTI
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with username lilik
Date Deposited: 22 Oct 2021 03:19
Last Modified: 25 Feb 2022 01:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184903
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
MUHAMMAD ALWAN IDHA IRFANTO.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (957kB)

Actions (login required)

View Item View Item