Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Kosakata Bahasa Jepang di Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Asahira Pemagangan ke Jepang

Lestari, Indana Zulfa Intan Eka (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Kosakata Bahasa Jepang di Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Asahira Pemagangan ke Jepang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media buku saku untuk pembelajaran kosakata bahasa Jepang terhadap calon kenshuusei, (2) mengetahui kelayakan buku saku yang dikembangkan sebagai media pembelajaran bahasa Jepang dengan penilaian dari ahli materi dan ahli media. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang meliputi 5 tahap yaitu: analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Tahap Analysis merupakan analisis kebutuhan dari calon kenshuusei. Tahap Design merupakan pembuatan rancangan produk buku saku kosakata bahasa Jepang. Tahap Development merupakan penilaian kelayakan dari ahli materi dan ahli media. Tahap Implementation merupakan mengimplementasikan buku saku di dalam kelas dan tahap Evaluation merupakan penilaian kelayakan media oleh calon kenshuusei yang berjumlah 26 calon kenshuusei, serta pengukuran media dengan angket. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah bentuk produk berupa buku saku dengan materi mengenai kosakata bahasa Jepang berdasarkan buku nihongo tekisuto yang dibuat oleh pihak program IM Japan yang terdiri dari 25 bab/ tema yang berukuran 10 x 15 cm dengan jumlah 63 halaman. Berdasarkan penilaian dari para ahli bahwa, media buku saku ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa Jepang. Hasil penilaian ahli materi diperoleh rata-rata skor 3,14 yang termasuk dalam kategori “Layak” sedangkan, Ahli media diperoleh rata-rata skor 2,68 dengan kategori “Layak”. Hasil angket siswa terhadap penilaian buku saku sebagai media pembelajaran bahasa Jepang diperoleh dengan rata-rata skor 3,58 yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052112
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese > 495.601 45 Japanese (Pragmatics)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 22 Oct 2021 02:41
Last Modified: 24 Feb 2022 08:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184869
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
INDANA ZULFA INTAN E L.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item