Pola Spasial Harga Lahan Permukiman Akibat Pembangunan Stasiun LRT Harjamukti, Depok

Nurhana, Adhania (2021) Pola Spasial Harga Lahan Permukiman Akibat Pembangunan Stasiun LRT Harjamukti, Depok. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Intensitas mobilitas dari pinggiran kota menuju pusat kota terus meningkat setiap tahunnya. Pergerakan yang terjadi bervariasi menggunakan berbagai moda, pergerakan menggunakan kendaraan pribadi memperburuk kemacetan, sedangkan fasilitas kendaraan umum masih memiliki banyak permasalahan salah satunya overcapacity, ketidapastian waktu tunggu, dan belum adanya integrasi antar moda. Pemerintah menyelenggarakan kereta api ringan (Light Rail Transit/LRT) sebagai solusi permasalahan transportasi dan mengintegrasikan transportasi massal Kawasan Metropolitan Jabodebek dengan Stasiun LRT Harjamukti, Depok sebagai stasiun akhir segmen Cawang-Cibubur. Pembangunan Stasiun LRT Harjamukti, Depok menyebabkan peningkatan aksesibilitas dan tingkat strategis wilayah di area sekitar pembangunan, sehingga terjadi peningkatan kebutuhan lahan di area sekitar proyek pembangunan. Namun, lahan yang tersedia terbatas sehingga menimbulkan terjadinya kelangkaan terhadap lahan dan terjadi peningkatan nilai ekonomi lahan yang berefleksi terhadap pembentukan harga lahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan harga lahan, menyusun peta pola distribusi spasial harga lahan permukiman, serta menyusun peta spasial dan model harga lahan permukiman di area sekitar proyek Stasiun LRT Harjamukti, Depok. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis karakteristik harga lahan, analisis regresi lineaar berganda, dan metode interpolasi cokriging. Dengan menggunakan data hasil kuesioner, observasi, wawancara, serta tinjauan terhadap data sekunder, diperoleh model harga lahan akhir berupa Y = 7.375.584,160 + 177.232,579X2.2 - 61.060,826X2.4 + 25.075,015X2.5 + 93.258,006X4.1 + 293.584,789X5.1. Berdasarkan analisis regresi linear berganda yang dilakukan, luas lahan, jenis dan kualitas permukaan jalan, waktu tempuh menuju pusat kota, lebar jalan, kualitas jaringan persampahan, dan status kepemilikan lahan berpengaruh terhadap pembentukan harga lahan di area permukiman sekitar proyek pembangunan Stasiun LRT Harjamukti, Depok.

English Abstract

The intensity of mobility from the suburbs to the city center increases each year. Mobility using private vehicles worsen the actual traffic congestion, while public transportation facilities can not function optimally because of the overcapacity, uncertain waiting time, and the absence of integration between modes. The government organizes Light Rail Transit (LRT) as a solution to integrates mass transportation of the Jabodebek Metropolitan Area. Harjamukti LRT Station, Depok is set to be the final station for the Cawang-Cibubur segment. The construction of the Harjamukti LRT Station, Depok has increased the accessibility and strategic level of surroundings area. This phenomenon increases the need of land around the development project. However, due to limited land availability, the scarcity of land increases and this also affects in the increase of the land economic value, which reflects to the formation of land prices. This study aims to identify the factors that influence the formation of land prices model, create a map of the spatial distribution pattern of residential actual land prices in 2020, a spatial map and a regression model for residential land prices in the area around the Harjamukti LRT Station project, Depok. The method used in this research is land price characteristic analysis, multiple line regression analysis, and cokriging interpolation method. By using data from questionnaires, observations, interviews, and reviews of secondary data, this research obtain the final land price model in the form of Y = 7,375,584,160 + 177.232,579X2.2 - 61.060,826X2.4 + 25.075,015X2.5 + 93,258,006X4.1 + 293,584,789X5.1. Based on the multiple linear regression analysis, the formation of land prices in residential areas around the Harjamukti LRT Station construction project, Depok influenced by land area, type and quality of road surface, travel time to the city center, road width, the quality of solid waste networking, and land ownership status.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 711
Uncontrolled Keywords: harga-lahan, stasiun-lrt-harjamukti, analisis-regresi-linear-berganda, land-prices, harjamukti-lrt-station, multiple-linear-regression-analysis.
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Unnamed user with email gaby
Date Deposited: 21 Oct 2021 07:44
Last Modified: 24 Feb 2022 02:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184710
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
ADHANIA NURHANA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (35MB)

Actions (login required)

View Item View Item