Perencanaan Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Produk Yoguku

Pharamita, Carina Aura (2017) Perencanaan Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Produk Yoguku. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan di PT. Kusuma Agrobio Tani Perkasa. Pada tahun 2010 divisi holtikultura membuat suatu produk baru yaitu yoghurt dengan nama dagang Yoguku. Permintaan terhadap Yoguku ada dua jenis yaitu permintaan yang berasal dari outlet milik PT. Kusuma Agrowisata sendiri yang diberikan kepada pengunjung wisata dan permintaan yang berasal dari outlet – outlet luar yang dititipi Yoguku dengan produk yang laku sekitar 3-8 botol/bulan outlet aktif yang ada sekitar 180 outlet. Andalan utama Yoguku adalah dengan memberikan harga yang ekonomis dibandingkan kompetitor, tetapi harga yang ekonomis saja tidaklah cukup untuk melakukan persaingan bisnis sebab meskipun harga yang ditawarkan Yoguku lebih murah dibandingkan dengan kompetitor, produk kompetitor masih lebih tinggi tingkat penjualan produknya di sekitar Malang Raya dan Batu. Selain itu tingkat pengembalian Yoguku cukup tinggi yaitu sekitar 49% dari produk yang dikirimkan meskipun sudah berdiri selama beberapa tahun tetapi tingkat penjualan yang ada tidak mengalami perubahan permintaan yang drastis. Untuk mengatasi permasalah tersebut digunakan analisa strategi pemasaran menggunakan matrik IFE, EFE dan CPM pada tahap input, matrik IE dan SWOT pada tahap pencocokan, matrik QSPM pada tahap pengambilan keputusan dan bisnis kanvas model untuk implikasi manajerial sedangkan untuk penentuan bobot menggunakan AHP. Dari hasil pengolahan data didapatkan hasil pada matrik CPM untuk produk Yoguku memiliki nilai 2,478 sedangkan Cimory memiliki nilai 2,624 sehingga dapat disimpulkan dari perbandingan competitif profile matrix ini Yoguku perlu meningkatkan usahanya untuk minimal sama baiknya dengan Cimory. Lalu untuk matrik IFE memiliki nilai sebesar 2,518, dan pada matrik IFE memiliki nilai 3,029, hasil dari matrik IFE dan EFE digambarkan pada matrik IE pada tahap pencocokan. Pada matrik IE diketahui posisi Yoguku ada pada sel 2 pada sel ini Yoguku berada pada posisi tumbuh dan membangun (grow and build). Untuk matrik SWOT didapatkan lima belas alternatif strategi, yang dihasilkan dari lima strategi SO, empat strategi WO, tiga strategi ST, dan tiga strategi WT. Selanjutnya memasuki tahap pengambilan keputusan pada hasil perhitungan dengan QSPM strategi yang terpilih adalah strategi ke dua dengan memperbaiki kelemahan dengan memanfaatkan keuntungan peluang dengan nilai 5,091. Strategi alternatif ke dua atau strategi WO juga memiliki kesesuaian dengan pilihan strategi intensif yang ada pada matrik IE yaitu strategi penetrasi pasar dan pengembangan pasar. Upaya penetrasi pasar yang dapat dilakukan yaitu dengan keuntungan emosional yang ditawarkan kepada konsumen dengan melakukan kegiatan promosi atau iklan yang gencar dan kreatif. Pihak perusahaan perlu mengeluarkan anggaran tersendiri untuk biaya promosi yang kreatif. Upaya Pengembangan pasar yang dapat dilakukan oleh pihak perusahaan adalah mengembangkan jalur distribusinya melalui market waralaba seperti Indomaret dan Alfamart.

English Abstract

This research was done at PT . Kusuma Agrobio Tani Perkasa. In 2010 holticulture divisions created a new product with trade name yogoku . There are two types of demand, the first one is demand from the outlet owned by PT. Kusuma agro Wisata it self given to tourist and visitor and the second one demand from the other outlets that sell Yoguku with 3-8 bottles sold out in a month. There are about 180 active outlets.The main competitive advantages of Yoguku is to provide more economical price compared to competitors, but the economical price itself is not enough, because eventhough the price offered Yoguku cheaper than the competitors, the competitors sales product is higher around in Malang and Batu. Furthermore, Yoguku’s rate of the return is around 49% of the delivered products, even though Yoguku has been in market for a several years but the sales unchanged drastically. To resolve the problem, marketing strategy analysis are needed. This reaserch used the IFE matrix, EFE matrix and CPM in input stages, SWOT and IE matrix in matching stages, QSPM matrix at the decision-making stages and business model canvas for managerial implications. AHP is used to determined the weight in each matrix From the processing data, we finally get the result of CPM to Yoguku’s product. It scored 2.478 and for Cimory it scored 2.624. So, we can conclude from this matrix comparison. That, Yoguku needs to increase its efforts to be at least as good as Cimory. Then, we got IFE Matrix that scored 2.518, and the IFE matrix got scored 3.029. The result of IFE matrix and EFE matrix depicted on IE on matching stage. In IE matrix, we could conclude that Yoguku is in the 2nd cell (grow and build). From the SWOT itself, we got fifteen alternative strategies from the result of five SO strategies, four WO strategies, three ST strategies, and three WT strategies. Next, we entered the decisionmaking stage on the results of the calculation with the selected strategy QSPM. Selected strategy is the second strategy that remedy the weaknesses of the two with profit opportunities by leveraging the value of 5.091. the second alternative or WO also has compatibility with the intensive strategy option on IE matrix that is market penetration and market development strategy. Market penetration strategy that we can do is with emotional benefits that offered to consumers by promotional activities or a vigorous and creative ads. The company itself needs to spend its own budget for the cost of the promotion. Market development efforts that can be done by the company is developing its distribution lines through out market franchise such as Alfamart and Indomaret.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2017/380/051704471
Uncontrolled Keywords: manajemen strategi, pemasaran, bisnis kanvas model.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 29 Aug 2017 06:32
Last Modified: 28 Nov 2020 01:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1847
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf] Text
BAGIAN DEPAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of ISI.pdf] Text
ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR-DAFTAR.pdf] Text
DAFTAR-DAFTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (2kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (2kB)

Actions (login required)

View Item View Item