Peningkatan Kreativitas Dalam Pembelajaran Teks Prosedur Melalui Aplikasi TikTok Pada Siswa Kelas XI IPA Di SMA PGRI Batu

Nafilah, Azmi (2021) Peningkatan Kreativitas Dalam Pembelajaran Teks Prosedur Melalui Aplikasi TikTok Pada Siswa Kelas XI IPA Di SMA PGRI Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemilihan teks prosedur sebagai bahan ajar pada penelitian karena siswa masih banyak yang belum memahami struktur dan kebahasaan yang ada di dalam teks prosedur, sehingga nilai yang dihasilkan siswa tidak memenuhi standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang sudah ditentukan oleh pihak sekolah serta kurangnya inovasi guru terhadap media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajarn teks prosedur melalui aplikasi TikTok pada siswa kelas XI IPA di SMA PGRI Batu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Classroom Action Research atau yang biasa disebut Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis & Taggart yakni; perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan pada setiap siklus. Hasil penelitian pada peningkatan kreativitas siswa dapat dijelaskan sebagai berikut: (1) pada siklus I menunjukkan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan 7 siswa dan jumlah siswa yang belum tuntas sebanyak 8 siswa dengan memiliki jumlah skor 1.102 dengan memiliki nilai rata-rata 73,4 dan prosentase ketuntasan 46%. (2) pada siklus II menunjukkan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa yang berarti seluruh siswa telah tuntas dengan jumlah skor 1.201 dan memiliki rata-rata 80,1 dan angka prosentase ketuntasan mencapai 100%. Dari hasil observasi kreativitas yang dilakukan pada siklus I menunjukkan bahwa siswa masih bergantung pada ide siswa yang lainnya dan hampir tidak mampu menciptakan ide maupun gagasan secara mandiri juga siswa masih merasa kurang percaya diri terhadap hasil produk yang telah dibuat, siswa kurang memahami materi, serta siswa kurang mampu menjelaskan unsur-unsur yang ada didalam teks prosedur. Sedangkan pada siklus II siswa lebih mudah menciptakan dan berekspresi dalam mengungkapkan ide dan gagasan secara mandiri, serta siswa lebih mampu menjelaskan secara detil mengenai unsur teks prosedur terhadap isi, struktur dan kebahasaan

English Abstract

The selection of procedural texts as teaching materials in research because many students still do not understand the structure and language in the procedure texts, so that the scores produced by students do not meet the Minimum Completeness Criteria (KKM) standards that have been determined by the school and the lack of teacher innovation towards learning media used in online learning. The purpose of this study was to determine the increase in students' creativity in learning procedural texts through the TikTok application in class XI science students at SMA PGRI Batu. The type of research used in this research is Classroom Action Research or commonly called Classroom Action Research (PTK) using the Kemmis & Taggart model, namely; planning, implementing actions, observing and reflecting on the actions taken in each cycle. The results of research on increasing student creativity can be explained as follows: (1) in the first cycle shows the number of students who achieved completeness 7 students and the number of students who have not completed as many as 8 students with a total score of 1,102 with an average value of 73.4 and the percentage completeness 46%. (2) in the second cycle shows the number of students who have completed as many as 15 students, which means that all students have completed with a total score of 1,201 and has an average of 80.1 and the percentage of completeness reaches 100%. From the results of creativity observations carried out in the first cycle, it showed that students still depended on the ideas of other students and were almost unable to create ideas and ideas independently as well as students still feeling less confident about the results of the products that had been made, students did not understand the material and students lacked confidence. able to explain the elements in the procedure text. While in cycle II, students are easier to create and express in expressing ideas and ideas independently, and students are better able to explain in detail the elements of procedural text on content, structure and language

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052112
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 21 Oct 2021 05:21
Last Modified: 07 Oct 2024 07:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184603
[thumbnail of Azmi Nafilah.pdf] Text
Azmi Nafilah.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item