Urgensi Pelaporan Imei Telepon Seluler Dalam Meningkatkan Pendapatan Negara (Studi Di Bagian Subdirektorat Impor Direktorat Teknis Kepabeanan)

Putra, Dhio Widyatama (2021) Urgensi Pelaporan Imei Telepon Seluler Dalam Meningkatkan Pendapatan Negara (Studi Di Bagian Subdirektorat Impor Direktorat Teknis Kepabeanan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Penelitian ini bertujuan mengetahui Mengetahui, mengidentifikasi dan mendeskripsikan urgensi pelaporan IMEI telepon seluler dalam meningkatkan pendapatan negara dan untuk Mengetahui, mengidentifikasi dan mendeskripsikan hambatan dan pendukung pelaporan IMEI telepon seluler dalam meningkatkan pendapatan negara, Penelitian ini akan disusun dengan menggunakan jenis penelitian empiris karena objek yang diteliti berada di lapangan Pada pendekatan penelitian menggunakan pendekatan hukum sosiologis (socio legal research). Pendekatan hukum sosiologis adalah mengindentifikasi dan mengkonsepsikan hukum sebagai institusi sosial yang riil dan fungsional dalam sistem kehidupan yang nyata. Berdasar dari hasil penelitian ini, dalam Pelaksanaan Peraturan pemberitahuan dan pelaporan atas barang telepon seluler, adalah instrumen yang digunakan Bea dan Cukai dalam melaksanakan fungsi pengawasan, untuk impor barang dengan menggunakan dokumen Bea Cukai, pada saat proses pengangkutan atau masuknya barang telepon seluler ke Kawasan negara dengan non-sertifikasi atau tidak mempunyai IMEI negara dapat merealisasi barang telepon seluler dengan mekanisme pemeriksaan fisik dan penyegelan atau pemberian nomer IMEI. Terakhir dengan dilakukannya post audit untuk menguji kepatuhan. Dengan dilakukan nya prosedur tersebut dapat meningkatkan pengawasan dalam bentuk pelaporan dalam menangani barang telepon seluler tidak berIMEI. Beberapa upaya- upaya yang dapat dilakukan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah memperkuat dan memperketat keamanan dari seleksi masuk produk-produk impor di setiap check point. Jika upaya-upaya ini berhasil mengatasi faktor-faktor tersebut, dapat dipastikan pendapatan negara dari bidang kepabeanan akan meningkat.

English Abstract

This study aims to find out, identify and describe the urgency of cellular phone IMEI reporting in increasing state revenue and to find out, identify and describe the barriers and supporters of cellular phone IMEI reporting in increasing state revenue. in the field In the research approach using a sociological legal approach (socio legal research). The sociological legal approach is to identify and conceptualize law as a real and functional social institution in a real life system. Based on the results of this research, in the Implementation of the Regulation on notification and reporting of cellular telephone goods, is an instrument used by Customs and Excise in carrying out a supervisory function, for importing goods using Customs documents, during the process of transporting or entering cellphone goods into the territory of the country. with non-certification or not having a state IMEI can realize cellular phone goods by means of a physical inspection and sealing mechanism or providing an IMEI number. Finally, by conducting a post audit to test compliance. This procedure can increase supervision in the form of reporting in handling non-IMEI cellular telephones. Some of the efforts that can be made by the Directorate General of Customs and Excise (DGCE) to solve these problems are to strengthen and tighten security from the entry selection of imported products at each check point. If these efforts succeed in overcoming these factors, it is certain that state revenue from the customs sector will increase

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052101
Uncontrolled Keywords: Bea Cukai, IMEI, Implikasi Hukum, Pengawasan Barang "
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with username lilik
Date Deposited: 21 Oct 2021 05:16
Last Modified: 24 Feb 2022 03:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184586
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dhio Widyatama Putra.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item