Analisis Iklan McDonald’s Cita Rasa Spesial dari Negeri Jepang Menggunakan Semiotika Roland Barthes.

Sari,, Aldin Estika (2021) Analisis Iklan McDonald’s Cita Rasa Spesial dari Negeri Jepang Menggunakan Semiotika Roland Barthes. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menggunakan objek berupa iklan produk McDonald’s Indonesia berjudul “Cita Rasa Spesial dari Negeri Jepang” yang menceritakan seorang samurai dari Jepang masa keshogunan yang tersesat sendirian di wilayah Indonesia. Keberadaan samurai tersebut ditolak oleh masyarakat lokal yang ditemuinya sepanjang perjalanan. Di bagian akhir iklan ditampilkan samurai diterima oleh masyarakat lokal yang berada di McDonald’s. Video iklan tersebut berdurasi 1 menit 31 detik dan diunggah di situs youtube pada 7 November 2016. Fokus penelitian ini terletak pada visual dan audio yang ditampilkan dalam iklan tersebut dan lebih berkonsentrasi pada makna yang diciptakan oleh tandatanda yang terdapat pada iklan. Rumusan masalah penelitian ini adalah mengidentifikasi wujud kebudayaan tradisional Jepang yang terepresentasikan dalam iklan, dan mengungkap makna denotasi, konotasi, serta mitos dibalik iklan menggunakan semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian ini menunjukan kebudayaan Jepang berupa representasi sosok samurai, bunga sakura, origami senbazuru, kuliner khas Jepang, serta bunyi alat musik tradisional Jepang. Tanda-tanda tersebut merembes masuk ke dalam teks dan menciptakan makna serta mitos yang bertujuan untuk menawarkan menu kuliner Jepang kepada konsumen Indonesia, hingga seolah-olah konsumen Indonesia dapat merasakan berada di Jepang cukup dengan makan menu cita rasa spesial dari negeri Jepang di McDonald.

English Abstract

-

Other obstract

本研究の対象は『�´�…�Ÿ� �Á�Ÿ�F5Ì7��#�aB`"��B$Z 』の広 $1�?���c 。この広告は、5Ì7��#�a�t�$�ç�¡�?�z�É�Ÿ�£�•�x に失われることについ て語っている。この侍が途中で出会った地元の人々に拒絶される。.j$1 の終わり に、侍の存在がマクドナルドにいる地元に受け入れた。広告のビデオは1分31 秒で、2016年11月7日にYouTubeにアップロードされた。 7�GûJ]�FA @ �G.j$1�F�©�Ž�»�x�Á�@�€�Ò�•�y�€ で、サインによって作成された意 味に集中することだ。7�GûJ]�G.j$1�C5Ì7�5n"ý�j[?"��/ 、�à �Ò �¿ �É�Ÿ �Ñ �¦ �Ò �œ�•�FYÿ#ÞZ½�?、この広告に持っている意味を説明したいと思う。 7�GûJ]�FM77ƒ�G、5Ì7�5n"ý�F�t�@ 、桜�@、#*O¤m›�F2•�bM�@、日本料理と、日本 の伝統楽器の音が広告にある。�+�d�a�F!- �G=o\¢Oì�j.ü�%�) 、日本料理の味を �ª`��1�c�7�Y�œ�ƒ�•�ž�C=__ö�1�c 。マクドナルドの日本から特別な味のメニュー を食べるだけで、インドネシアの消費者が日本にいるように感じることができる

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052112
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 20 Oct 2021 13:13
Last Modified: 07 Oct 2024 03:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184414
[thumbnail of Aldin Estika Sari.pdf] Text
Aldin Estika Sari.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item