Dasrul, Alvin Rizki (2017) Analisis Sistem Perawatan MPU (Mobile Processing Unit) dengan Menggunakan Metode Maintenance Value Stream Mapping (MVSM). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
PT DNX Indonesia yang menjadi objek dalam penelitian ini bergerak di bidang peledakan untuk sektor pertambangan. Perusahaan ini menjadi sub-kontraktor dari banyak perusahaan kontraktor pertambangan yang ada di Indonesia. Penelitian ini dilakukan di Lati Mining Operation, Berau, Kalimantan Timur. Harga batubara yang terus mengalami penurunan sejak tahun 2011, membuat berbagai perusahaan yang bergerak di sektor ini harus melakukan pembenahan dan peningkatan kinerja agar dapat tetap bertahan dalam kondisi yang sulit. Divisi maintenance menjadi objek dari penelitian ini, khususnya pada aktivitas perawatan tiga buah MPU (Mobile Processing Unit) yang beroperasi. Aktivitas perawatan yang baik pastinya akan berdampak terhadap berkurangnya keterlambatan operasi dan biaya perawatan. Permasalahan yang terlihat selama penelitian di lapangan adalah bahwa pelaksanaan aktivitas preventive maintenance masih belum optimal dan jumlah aktivitas corrective maintenance yang cukup tinggi. Dengan demikian, perlu dilakukan penelitian untuk memetakan aktivitas perawatan MPU (baik corrective maupun preventive), agar dapat melihat lebih jelas masalah yang ada, untuk kemudian menemukan faktor – faktor penyebab masalah, dan melahirkan suatu solusi permasalahan yang bisa diterapkan di lapangan. Metode yang dapat diterapkan untuk memetakan suatu aktivitas adalah Value Stream Mapping (VSM). VSM dapat dikembangkan menjadi Maintenance Value Stream Mapping (MVSM). MVSM dapat menggambarkan keseluruhan proses perawatan secara lengkap dan sistematis. Dengan menerapkan MVSM, tujuan akhirnya adalah agar aktivitas perawatan pada site Lati menjadi lebih baik dari sebelumnya. Dalam proses pengolahan data, langkah pertama adalah membuat current state map, baik untuk corrective maintenance maupun preventive maintenance. Berdasarkan current state map tersebut, dilakukan analisis masalah menggunakan diagram sebab akibat untuk mencari tahu penyebabnya. Selanjutnya, dihasilkan usulan perbaikan untuk mengatasi masalah yang ada. Langkah terakhir, membuat future state map untuk corrective maintenance dan preventive maintenance. Hasil dari penelitian pada aktivitas corrective maintenance adalah waktu MMLT pada current state map yang 7 hari dan 573 menit menjadi selama 581 menit pada future state map. Pada aktivitas preventive maintenance, waktu MMLT pada current state map yang 27 hari dan 338 menit menjadi selama 348 menit pada future state map. Usulan perbaikan yang diberikan adalah memberikan pelatihan kepada mekanik, efisiensi pekerjaan pada preventive maintenance, melakukan penambahan jumlah mekanik, dan memberdayakan site admin untuk menangani tugas admin maintenance ketika tidak berada di Lati.
English Abstract
The research object reported was PT DNX Indonesia located in Lati Mining Operation, Berau, East Kalimantan who engaged in blasting mining. It is a sub-contractor to the many mining contractors in Indonesia. Maintenance activities of three MPU (Mobile Processing Unit) operation on maintenance division was the object of this research. Nice maintenance’s impact is on decreasing operations delay and maintenance costs. The problems seen on the field were implementation of preventive maintenance activity that was still not optimal. It is correlated with the corrective maintenance activities that was quite high. Thus, mapping the MPU (both corrective and preventive) maintenance activities was needed, in order to view the existing problems, then find the factors causing the problems, and bring solutions that can be applied. Value Stream Mapping (VSM) method was applied. VSM method developed to Maintenance Value Stream Mapping (MVSM). MVSM described the whole treatment processes completely systematic. MVSM applied goals was the improvement of maintenance activities on Lati site. First step of data processing in this study was make the current state map, both corrective and preventive maintenance. The problems then analyzed using cause and effect diagram resulting improvements to overcome the problems. The final step was create a future state map for corrective and preventive maintenance. The results stated that MMLT time of corrective maintenance activity on current state map is 7 days and 573 minutes and increases to 581 minutes on future state map. MMLT time of preventive maintenance activity on current state map is 27 days and 338 minutes and rises to 348 minutes on future state map. Those improvements is trained and add the number of mechanics, work efficiency of preventive maintenance, and empowerment of site admin to handle maintenance tasks when they were not at Lati site.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2017/352/051704042 |
Uncontrolled Keywords: | Maintenance, MPU, MVSM, Diagram Sebab Akibat |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 622 Mining and related operations > 622.6 Mine transport systems |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 29 Aug 2017 06:28 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 08:30 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1844 |
Text
ALVIN RIZKI DASRUL.pdf Download (10MB) |
Actions (login required)
View Item |