Analisis Doktrin Fair Use Atas Penggunaan Klip Audiovisual Dalam Video Review Dan Video Reaction Berdasarkan Ketentuan Perlindungan Hak Cipta Di Indonesia Dan Amerika (Studi Terhadap Undang-Undang Tentang Hak Cipta Nomor 28 Tahun 2014 Dan United States Copyright Act 1976

Sitepu, Benita Gratia (2021) Analisis Doktrin Fair Use Atas Penggunaan Klip Audiovisual Dalam Video Review Dan Video Reaction Berdasarkan Ketentuan Perlindungan Hak Cipta Di Indonesia Dan Amerika (Studi Terhadap Undang-Undang Tentang Hak Cipta Nomor 28 Tahun 2014 Dan United States Copyright Act 1976. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Video Review dan Video Reaction telah menjadi bentuk kritik audiovisual yang populer. Untuk mengetahui apakah suatu karya bermuatan ulasan kritik dapat dilindungi oleh hak cipta dan memperoleh pembenaran atas perlindungan Fair Use, maka perlu untuk diketahui lebih lanjut kelayakan karya tersebut sebagai ciptaan. Sangatlah perlu untuk memahami bagaimana batasan penggunaan wajar untuk tujuan kritik, khususnya prnggunaan klip audiovisual berhak cipta sebagai bagian dari ulasan. Walaupun di Indonesia belum dijumpai secara khusus kasus terkait ini, Amerika Serikat sudah memiliki banyak pengalaman dalam menanganinya sehingga dapat menjadi pembelajaran, mengingat pembuat konten terkait cukup banyak di Indonesia karena berpeluang untuk dimonetize. Penelitian ini mengangkat rumusan masalah: (1) Bagaimana analisis doktrin Fair Use atas penggunaan klip audiovisual dalam video Review dan video Reaction berdasarkan ketentuan Undang-Undang Tentang Hak Cipta Nomor 28 Tahun 2014 dan United States Copyright Act 1976, dan (2) Bagaimana perlindungan doktrin Fair Use atas klaim hak cipta bagi pembuat video review dan video reaction bermuatan klip audiovisual oleh pemegang hak cipta? Menggunakan metode yuridis normatif dengan metode pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual, dan pendekatan perbandingan. Bahan hukum primer, sekunder, dan tersier yang diperoleh penulis akan dianalisis dengan menggunakan metode penafsiran gramatikal, penafsiran sistematis dan penafsiran komparatif.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052101
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with username lilik
Date Deposited: 22 Oct 2021 13:44
Last Modified: 25 Feb 2022 03:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184044
[thumbnail of DALAM MASAEMBARGO] Text (DALAM MASAEMBARGO)
Benita Gratia Sitepu.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item