Pengaruh Penggunaan Oven dan Microwave Sebagai Metode Penentuan Bahan Kering Dari Beberapa Bahan Pakan Sumber Energi

Varrell Bastanta Jesaya Purba, Jeremia (2021) Pengaruh Penggunaan Oven dan Microwave Sebagai Metode Penentuan Bahan Kering Dari Beberapa Bahan Pakan Sumber Energi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pakan berfungsi untuk pemeliharaan tubuh dan perkembangbiakan, sumber energi, produksi, dan pengatur proses-proses dalam tubuh ternak. Selain itu, pakan juga dapat digunakan untuk tujuan tertentu, misalnya untuk menghasilkan warna dan rasa tertentu. Kandungan zat gizi yang harus ada dalam pakan adalah protein, lemak, karbohidrat, mineral, vitamin dan air. Pengeringan adalah proses pemindahan panas dan uap air secara simultan, yang memerlukan energi untuk menguapkan kandungan air yang dipindahkan dari permukaan bahan. Pengeringan juga disebut dengan penghidratan atau penghilangan sebagian atau keseluruhan uap air dari suatu bahan. Jagung, bekatul, dedak padi, tepung gaplek dan pollard termasuk ke dalam jenis pakan sumber energi. Frekuensi pemberian pakan dan jenis pakan yang diberikan mempengaruhi banyaknya pakan yang dikonsumsi. Konsumsi bahan kering dipengaruhi beberapa faktor seperti berat badan dan kualitas bahan pakan. Penelitian ini dilaksanakan pada November 2020 sampai Desember 2020. Proses pengeringan pakan lengkap dengan masing-masing perlakuan pada penelitian ini dilakukan di Laboratorium Nutrisi dan Makanan Ternak, Fakultasx Peternakan, Universitas Brawijaya, Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan oven dan microwave sebagai metode penentuan bahan kering dari beberapa bahan pakan sumber energi. Materi yang digunakan adalah jagung, bekatul, pollard, dan tepung gaplek. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah percobaan di laboratorium dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) Pola Tersarang yang terdiri dari 8 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan dalam penelitian ini adalah P0 (jagung + oven 12 jam), P1 (jagung + microwave 15 menit), P2 (bekatul 100 + oven 12 jam), P3 (bekatul + microwave 15 menit), P4 (pollard + oven 12 jam), P5 (pollard + microwave 15 menit) P6 (Tepung gaplek + Oven 12 jam), P7 (tepung gaplek + microwave 15 menit). Variabel yang dikukur adalah bahan kering dan kerapatan jenis. Data hasil penelitian yang diperoleh dianalisis dengan uji Nested. Data hasil penelitian yang berbeda nyata atau sangat nyata akan dilanjutkan dengan uji ANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode penentuan bahan kering menggunakan oven dan microwave memberikan pengaruh yang signifikan atau tidak berbeda nyata (p>0,01). Adapun hasil kerapatan jenis memberikan pengaruh yang tidak signifikan, sedangkan untuk hasil kerapatan jenis dikali bahan kering memiliki pengaruh yang signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan oven dan microwave untuk menghasilkan bahan kering tidak menghasilkan hasil yang berbeda. Saran dari penelitian ini juga diperlukan penelitian lanjutan tentang ternak untuk mengetahui pengaruh penggunaan oven dan microwave agar menghasilkan bahan kering dengan nilai gizi yang baik dari setiap sampel.

English Abstract

The purpose of this study is to find out the influence of the use of ovens and microwaves as a method of determining dry materials from some feed materials of energy sources.The method used in this study was a Complete Randomized Design of Nested Test Pattern with eight treatments and four repeats.Animal feed treatment consists of corn, bran, polard, and cassava flour using an oven with a large time of 6 hours and a temperature of 105 °C, then using a microwave with a large time of 15 minutes and a temperature of 60 ° C.Each treatment is repeated four times and statistically analyzed using Analysis of Variance (ANOVA).The results of this study showed that the method of determining dry materials using ovens and microwaves exerts a significant or no real different influence (f calculate < f table).The result of density of the type gives an insignificant influence, while for the result of density of the type multiplied dry material has a significant influence.The conclusions of this study show that the influence of the use of ovens and microwaves to produce dry materials did not produce different results. Advice from this research also required further research on livestock to find out the influence of the use ofviii ovens and microwaves in order to produce dry ingredients with good nutritional value from each sample. Keywords : dry ingredients, corn, bran, pollard, cassava flour, oven, and microwave.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 636.089
Uncontrolled Keywords: dry ingredients, corn, bran, pollard, cassava flour, oven, and microwave.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with email gaby
Date Deposited: 19 Oct 2021 05:11
Last Modified: 23 Feb 2022 01:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184012
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Jeremia Varrell.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB) | Request a copy

Actions (login required)

View Item View Item