Peran Dinas Pendidikan Kota Malang Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran (Studi Tentang Program Pusat Sumber Belajar Digital)

Pertiwi, Disca Deviana (2017) Peran Dinas Pendidikan Kota Malang Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran (Studi Tentang Program Pusat Sumber Belajar Digital). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan salah satu komponen yang berperan penting dalam dunia pendidikan sehingga dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Namun proses belajar mengajar masih dilakukan secara konvensional oleh tenaga pendidik di Kota Malang. Oleh karena itu Dinas Pendidikan Kota Malang membuat program pusat sumber belajar digital yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas tenaga kependidikan maupun tenaga pendidik agar dapat menghasilkan bahan ajar elektronik sebagai media pembelajaran. Untuk mengetahui peran Dinas Pendidikan Kota Malang dalam pelaksanaan program pusat sumber belajar digital sebagai media pembelajaran maka dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dan metode analisis yang digunakan adalah melalui metode interaktif Miles dan Huberman. Dalam metode analisis ini terdapat tiga tahapan penelitian yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa dalam pelaksanaan program pusat sumber belajar digital, Dinas Pendidikan Kota Malang berperan dalam proses sosialisasi program pusat sumber belajar digital, penyediaan sarana dan prasarana serta pemberian pelatihan dan lokakarya pengembangan multimedia interaktif. Namun di dalam pelaksanaan program tersebut terdapat faktor pendukung dan penghambat yang muncul baik secara internal maupun eksternal. Faktor pendukung internalnya adalah fungsi, visi dan misi yang mendukung pelaksanaan program, ketersediaan anggaran dan tersedianya sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor pendukung eksternalnya adalah sebutan Kota Malang sebagai kota pendidikan, adanya dukungan dari wali kota dan respon dari para tenaga pendidik Kota Malang. Untuk faktor penghambat internal yang muncul adalah terbatasnya tenaga ahli yang dimiliki Dinas Pendidikan Kota Malang. Sedangkan faktor penghambat eksternalnya adalah kurangnya kerjasama antara Dinas Pendidikan Kota Malang dengan sekolah-sekolah serta kemampuan tenaga kependidikan maupun tenaga pendidik yang masih rendah. Oleh karena itu diperlukan agar menerima tenaga ahli dibidangnya untuk menjadi tenaga kerja di Dinas Pendidikan Kota Malang, kemudian menyelenggarakan pelatihan bagi staf, khususnya yang berkaitan dengan program pusat sumber belajar digital. Perlunya memastikan bahwa perwakilan sekolah hadir dan mengenakan hukuman berupa blacklist untuk perwakilan sekolah yang tidak hadir. Serta memilih perwakilan sekolah yang menguasai di bidang teknologi untuk mengikuti pelatihan dan lokakarya pengembangan multimedia interaktif.

English Abstract

Information and Communication Technology (ICT) is one of the important components in education so that it can be used as a media of learning. But the learning process is still done conventionally by educators in Malang. Therefore, the Education Department of Malang City makes digital learning resource center program for improve the quality of education staff and educators to be able to produce electronic teaching materials as a media of learning. For how to know the role of Education Department of Malang City in the implementation of digital learning resource center program as a media of learning in this study, researcher used a type of qualitative method with descriptive approach. And the analytical method that used is Miles and Huberman interactive methods.This analysis method has three stages of research that is data reduction, data presentation and conclusion / verification. Based on the results of the study, researcher founds that in the implementation of digital learning resource center program, Education Department of Malang City has a role in the process of socialization of digital learning resources center program, accomodate facilities and infrastructure and give a training and workshop development of interactive multimedia. But in the implementation of the program there are supporting and inhibiting factors that appear both internally and externally. Internal support factors are the functions, vision and mission that support the implementation of the program, the availability of budget and the availability of adequate facilities and infrastructure. While the external support factors are predicate of Malang as a city of education, support from the Mayor and response from educators in Malang. For internal inhibiting factor that arise is the limited expertise owned by the Education Department of Malang City. While the external inhibiting factor is the lack of cooperation between the Education Department of Malang City with schools and the ability of education staff and educators are still low. Therefore, accepting the experts in this sector to be a part in Education Department of Malang City is a necessary and then, give a training for staff, expecially that related to digital learning resource center program. Needing to ensure that school delegation are attending and giving blacklist penalties for school delegation who are not attending. As well as, choosing delegation of schools who mastered in technology sector to participate in training and interactive multimedia development workshops.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/555/051707709
Uncontrolled Keywords: Peran Dinas Pendidikan Kota Malang, Pelaksanaan Program Pusat Sumber Belajar Digital, Sebagai Media Pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration > 353.8 Public administration of agencies supporting and controlling education
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 29 Aug 2017 06:09
Last Modified: 27 Nov 2020 06:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1839
[thumbnail of Bagian Depan (1).pdf] Text
Bagian Depan (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)

Actions (login required)

View Item View Item