Ginting, Asalina Veronika Br (2020) Students’ Perceptions toward Group Discussion in Improving Speaking Ability at SMKN 5 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Menurut Kurikulum Bahasa Inggris 2006 dan suplemennya, tujuan pengajaran bahasa Inggris adalah agar siswa dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan menguasai seluruh keterampilan. Brown (2000, p. 217), menyatakan bahwa penelitian dan praktik dalam pengajaran bahasa Inggris telah mengidentifikasi empat keterampilan, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Para siswa di tingkat pendidikan menengah diharapkan untuk menguasai keterampilan bahasa Inggris terutama keterampilan berbicara. Berbicara adalah salah satu tujuan utama pembelajaran bahasa di mana kemampuan untuk mentransfer beberapa ide kepada orang lain dengan benar dan jelas. Dengan kata lain, para siswa dapat mengkomunikasikan ide-ide mereka dengan baik kepada orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa tentang penggunaan diskusi kelompok dalam meningkatkan kemampuan berbicara. Penelitian ini menggunakan metode survei. Data yang diperoleh dari kuesioner dianalisis secara kuantitatif. Apalagi penelitian ini dilakukan di SMKN 5 Malang. Pesertanya adalah siswa kelas tiga SMKN 5 Malang. Sebanyak 120 siswa dipilih sebagai peserta penelitian ini. Data penelitian survei ini dikumpulkan dengan kuesioner terbuka. Setelah mengumpulkan kuesioner, peneliti menganalisis data dengan Microsoft Excel 2013 dan hasilnya ditafsirkan dalam bentuk laporan. Hasilnya melaporkan bahwa siswa di SMKN 5 Malang memiliki persepsi positif terhadap diskusi kelompok dalam meningkatkan kemampuan berbicara mereka. Apalagi diketahui bahwa kepercayaan diri dan motivasi mereka juga meningkat. Oleh karena itu, direkomendasikan untuk guru bahasa Inggris, peneliti menyarankan bahwa guru harus memiliki beberapa referensi teknik pengajaran, salah satunya adalah diskusi kelompok. Selain itu, guru harus mendorong siswa untuk berbicara tanpa rasa takut dan membawa prosedur diskusi kelompok dengan cara yang menyenangkan. Kemudian, bagi peneliti selanjutnya untuk menyelidiki kasus ini. Dengan memilih siswa dari sekolah yang berbeda atau bahkan kelas siswa yang berbeda, mungkin memungkinkan peneliti berikutnya untuk mendapatkan hasil yang mendalam.yang berbeda, mungkin memungkinkan peneliti berikutnya untuk mendapatkan hasil yang mendalam.
English Abstract
According to the 2006 English Curriculum and its supplement, the goal of the teaching of English is that the students are able to communicate in English by mastering the whole skills. Brown (2000, p. 217), states that research and practice in English language teaching has identified the four skills, those are listening, speaking, reading, and writing. The students in the secondary level of education are expected to master English skills especially speaking skill. Speaking is one of the main purposes of language learning in that an ability to transfer some ideas to other people correctly and clearly. In other words, the students can communicate their ideas well to other people. The goal of this study is to find out students’ perceptions on the use of group discussion in improving speaking ability. This research used survey method. The data obtained from questionnaire were analysed quantitatively. Moreover, this research was conducted at SMKN 5 Malang. The participants were the third-grade of SMKN 5 Malang. A total of 120 students were chosen as the participant of this research. The data of this survey study was gathered by an open-ended questionnaire. After gathering the questionnaire, the researcher was analysed the data with a Microsoft Excel 2013 and the result was interpreted in the form of a report. The result reports that students at SMKN 5 Malang had positive perception toward group discussion in improving their speaking ability. Moreover, it is known that their confidence and motivation also increased. Accordingly, it is recommended for the English teacher, the researcher suggests that teacher should have several references of teaching techniques, one of which is group discussion. In addition, teacher should encourage students to speak without fear and bring the procedures of leading group discussion in a fun way. Then, for further researcher to investigate this case. By choosing students from different school or even different grade of students, it might enable the next researcher to get profound result.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520120039 |
Uncontrolled Keywords: | students’ perceptions, group discussion, speaking ability, descriptive quantitative persepsi siswa, diskusi kelompok, kemampuan berbicara, deskriptif kuantitatif |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Bambang Septiawan |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 12:54 |
Last Modified: | 09 Jan 2023 02:06 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183815 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Asalina Veronika Br Ginting.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |