Analisa Kesalahan Penulisan Naratif Teks Mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris Universitas Brawijaya.

Putriana, Adelia (2020) Analisa Kesalahan Penulisan Naratif Teks Mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Menulis masih menjadi sebuah masalah bagi peserta didik yang belajar bahasa Inggris di Indonesia karena bahasa pertama dan bahasa target berbeda. Sebagian besar peserta didik melakukan kesalahan saat melakukan penulisan. Error adalah ketika menggunakan bentuk yang salah, dan tidak dapat mencoba mengoreksi kalimat yang menyimpang dengan sendirinya. Oleh karena itu, dalam penelitian ini, penulis bertujuan untuk menganalisis jenis dan sumber kesalahan dalam teks narasi oleh mahasiswa semester tiga program studi Bahasa Inggris. Tujuannya adalah untuk mengumpulkan informasi tentang pengembangan bahan ajar dan kesulitan yang biasanya terjadi dalam pembelajaran bahasa. Metode yang digunakan untuk melakukan penelitian ini adalah metode deskriptif-kualitatif, dan data diperoleh dari tulisan naratif mahasiswa semester tiga Program Studi Bahasa Inggris di Universitas Brawijaya. Data jenis kesalahan dianalisis dengan menggunakan teori Dulay et al (1982) dan teori Richard (1973). Hasil dari analisis ini menunjukan bahwa total kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa semester tiga program studi Bahasa Inggris di Universitas Brawijaya dalam menulis teks naratif adalah 345 kesalahan. Jenis kesalahan yang paling banyak terjadi pada teks penulisan naratif adalah kesalahan misformation dengan total 114 kesalahan (59,7%) sedangkan di sumber kesalahan pada kesalahan intralingual dengan total 94 kesalahan (61.1%) dengan kesalahan paling banyak adalah false concept hypothesized dengan total 42 kesalahan (44,7%). Kesalahan misformation terjadi karena kurangnya pengetahuan dalam tata bahasa, kosa kata dan perubahan dari partisip masa lalu dalam menulis teks naratif. Sementara false concept hypothesized pada kesalahan intralingual terjadi karena peserta didik cenderung menggeneralisasi struktur bahasa target dan membuat struktur peserta didik sendiri karena keterbatasan pengetahuan peserta didik tentang bahasa target itu sendiri. Penelitian ini dapat membantu para guru untuk meningkatkan pengajaran mereka untuk membuat siswa termotivasi dan mengurangi kesalahan. Ini juga dapat membantu siswa sehingga mereka dapat lebih berhati-hati dalam menulis di tulisan berikutnya. Untuk peneliti selanjutnya dapat menggunakan teori analisis kesalahan lainnya seperti teori Brown atau Krashen

English Abstract

Writing is still a problem for learners of English in Indonesia because of the first language and the target language is difference. Most of the learners make errors when doing writing. Error is when use the incorrect form, and unable to try to correct own deviant sentence. Therefore, in this study, the writer aims to analyze the types and the sources of error in the narrative text by the third semester students of study program of English. The purpose is to gather information about the development of teaching materials and the difficulties that usually occur in language learning. The method used to conduct this study is descriptive-qualitative method and the data are obtained from the narrative writings of the third semester students of study program of English at Universitas Brawijaya. The data were analyzed by using Dulay’s et al theory (1982) and Richard’s theory (1973). The result of this study showed that the total of errors made by the third semester students of study program of English in writing narrative text were 345 errors. The most type of error that happened in narrative writing text is misformation with total of 114 errors (59.7%) while in sources of errors in intralingual error with total of 94 errors (61.1%) with the most error is false concept hypothesized with 42 errors (44.7%). Error of misformation happened because of the lack of knowledge in grammar, vocabulary, and changing of the past participle in writing narrative texts. While false concept hypothesized in intralingual error happened because the learners tended to generalize the structure of the target language and to make learners’ own structure due to learners’ limited knowledge of target language itself. This study can help teachers to improve their teaching to make the students motivated and reduce errors. It can also help students so they can be more careful in writing in the next writing. For the next researcher can use other theory of error analysis such as Brown’s theory or Krashen’s theory

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520120004
Uncontrolled Keywords: Error Analysis, Writing, Narrative Text, Study Program of English. Analisa Kesalahan, Tulisan, Teks Naratif, Program Studi Bahasa Inggris.
Subjects: 400 Language > 421 Writing system, phonology, phonetics of standard English
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Bambang Septiawan
Date Deposited: 28 Feb 2021 04:22
Last Modified: 28 Feb 2021 04:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183727
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Adelia Putriana.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2022.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item