Studi Struktur Komunitas Ikan di Kawasan Konservasi Mangrove Kondang Buntung, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Putra, Risky Apriliansyah (2020) Studi Struktur Komunitas Ikan di Kawasan Konservasi Mangrove Kondang Buntung, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kawasan Konservasi Mangrove Kondang Buntung merupakan ekosistem mangrove yang berhadapan langsung dengan perairan dari Samudra Hindia dan salah satu ekosistem mangrove yang paling luas di Malang. Ekosistem mangrove di Kawasan Konservasi Mangrove Kondang Buntung merupakan salah satu ekosistem mangrove yang paling baik karena ekosistem mangrove tersebut merupakan salah satu yang tertua di daerah pantai selatan Malang. Sendangbiru merupakan kawasan perikanan terbesar di Malang dimana terdapat aktivitasaktivitas penting seperti pengelolaan sumberdaya kelautan, pelabuhan, cagar alam, dan sebagainya. Sehingga kajian mengenai spesies ikan di Kawasan Konservasi Mangrove Kondang Buntung diharapkan dapat memberikan gambaran awal mengenai peran mangrove di Clungup Mangrove Conservation (CMC) sebagai habitat yang baik dan potensi sumberdaya ikan di perairan setempat. Metode penelitian ini diawali dengan pengambilan data ikan dengan menggunakan 2 metode berbeda yaitu menangkap ikan menggunakan fish trap dan observasi menggunakan snorkel pada tiga stasiun di Kawasan Konservasi Mangrove. Data ikan direkam menggunakan kamera bawah air yang kemudian akan diidentifikasi dan dihitung jumlah individu tiap spesies. Kemudian data ikan yang didapat akan diolah agar dapat ditemukan nilai struktur kelimpahan ikan. Berdasarkan pengamatan di seluruh stasiun ditemukan 20 spesies dari 18 famili. Pada stasiun 1 ditemukan 14 spesies dari 13 famili, 12 spesies dari 12 famili di stasiun 2, dan 10 spesies dari 9 famili di stasiun 3. Hasil perhitungan struktur komunitas di Kawasan Konservasi Mangrove Kondang Buntung ditemukan nilai keanekaragaman, keragaman, dan dominansi yang relatif sama pada setiap stasiun dengan nilai keanekaragaman di setiap stasiun masuk dalam kategori kecil, nilai keseragaman di setiap stasiun masuk dalam kategori labil, dan nilai dominansi di setiap stasiun masuk dalam kategori rendah. Berdasarkan nilai struktur komunitas pada Kawasan Konservasi Mangrove Kondang Buntung dapat disimpulkan jika ekosistem ini termasuk ekosistem yang rentan jika suatu saat Kawasan Konservasi Mangrove Kondang Buntung menghadapi guncangan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520150311
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 577 Ecology > 577.6 Aquatic ecology > 577.69 Saltwater wetland and seashore ecology > 577.698 Mangrove swamp ecology
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 28 Feb 2021 04:27
Last Modified: 12 Apr 2023 03:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183697
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Risky Apriliansyah Putra (2).pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item