Evaluasi Usability Aplikasi Golife Berbasis Android Dari Perspektif Pengguna Dengan Menggunakan Metode Use Questionnaire Dan Pendekatan Human-Centered Design.

Satyoko, Arinto Bagas and Widhy Hayuhardhika Nugraha Putra, S.Kom., M.Kom. and Diah Priharsari, S.T., M.T., Ph.D (2020) Evaluasi Usability Aplikasi Golife Berbasis Android Dari Perspektif Pengguna Dengan Menggunakan Metode Use Questionnaire Dan Pendekatan Human-Centered Design. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. APLIKASI KARYA ANAK BANGSA (Gojek Indonesia) dengan salah satu produk yang dimiliki adalah aplikasi layanan jasa profesional Golife. Beberapa layanan seperti seperti GoMassage dan GoClean sangat diminati pengguna namun terdapat permasalahan usability diantaranya berkaitan dengan antarmuka seperti tulisan yang terlalu kecil hingga ukuran tombol tidak proporsional. Penelitian lebih lanjut dilakukan dengan metode USE Questionnaire dan pendekatan Human- Centered Design, dimana penggunaan kuesioner diperlukan untuk mengukur empat aspek usability yakni usefulness, ease of use, ease of learn, serta satisfaction. Lalu pendekatan Human-Centered Design yang diperlukan untuk mengidentifikasi pengguna dan membagi menjadi dua kelompok pengguna dan melakukan wawancara dengan pertanyaan terbuka yang ditanyakan untuk menghimpun permasalahan yang dihadapi pengguna dalam mengoperasikan aplikasi Golife. Dari hasil wawancara yang dihimpun, dapat ditemukan sejumlah 12 permasalahan usability yang dihadapi pengguna yang utamanya berupa permasalahan ukuran tulisan, kurangnya ikon dan deskripsi, inkonsistensi tampilan, dan permasalahan yang berkaitan dengan interaksi tombol, untuk selanjutnya dilakukan perbaikan sesuai dengan permasalahan yang dihadapi. Rekomendasi perbaikan usability aplikasi Golife menghasilkan sebuah tampilan baru dengan tujuan meningkatkan nilai usability. Nilai dari hasil usability sebelumnya hanya bernilai 53,08% menjadi 85,19% dengan peningkatan signifikan diperoleh dari kelompok pengguna berumur diatas 40 tahun dari 45,69% (kategori cukup tidak baik), menjadi 89,60% (kategori sangat baik).

English Abstract

PT. APLIKASI KARYA ANAK BANGSA (Gojek Indonesia) with one of its products is the application of Golife professional services. Some services such as GoMassage and GoClean are very attractive to users, but there are usability issues including interfaces such as writing that is too small to disproportionate button sizes. Further research was conducted using the USE Questionnaire method and the Human- Centered Design approach, where the use of a questionnaire was needed to measure four aspects of usability namely usefulness, ease of use, ease of learning, and satisfaction. Then the Human-Centered Design approach is needed to identify users and divide into two groups of users and conduct interviews with open-ended questions that are asked to collect the problems faced by users in operating the Golife application. From the interviews gathered, several 12 usability problems faced by users were found, mainly in terms of writing size, lack of icons and descriptions, display inconsistencies, and issues related to button interactions, to be further corrected according to the problems encountered. Recommended improvements to the use of the Golife application generate a new look to increase the value of usability. The value of the results of previous uses is only 53.08% to 85.19% with a significant increase obtained from the user group aged over 40 years from 45.69% (not good enough category), to be 89.60% (very good category).

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520150063
Uncontrolled Keywords: aplikasi layanan jasa profesional Golife, evaluasi, usability, use questionnaire, human centered design.Golife professional services application, evaluation, usability, use questionnaire, human centered design.
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.4 Systems programming and programs
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 28 Feb 2021 14:36
Last Modified: 12 Aug 2022 07:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183636
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
0520150063-Arinto Bagas Satyoko.pdf
Restricted to Registered users only until 31 March 2023.

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item