Rahmatika, Anjumi Kholifatu and Fajar Pradana, S.ST., M.Eng and Dr. Eng. Fitra Abdurrachman Bachtiar, S.T., M.Eng. (2020) Pengembangan Sistem Pembelajaran HTML dan CSS dengan Konsep Gamification Berbasis Web. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pemilihan metode pembelajaran yang tepat dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa sangatlah penting. Pembelajaran pada kelas online memfasilitasi tingkat pembelajaran yang lebih tinggi dan lebih baik pada aspek pemikiran inovatif dan berpikir kritis. Akan tetapi, pembelajaran online juga tidak selalu dapat memastikan bahwa siswa akan tetap aktif dalam menyelesaikan pembelajarannya. Presentase penggunaan internet pada masyarakat Indonesia, menunjukkan bahwa 46% pengguna cenderung menggunakan internet untuk memainkan game. Game menjadi bagian yang semakin penting dari sebuah hiburan dan mampu menghasilkan pengalaman yang positif. Maka dengan melakukan pembelajaran menggunakan konsep game, pengguna akan mendapatkan motivasi belajar yang meningkat dan pengalaman yang positif. Gamification adalah pendekatan yang dikembangkan untuk meningkatkan motivasi belajar dan keterlibatan peserta didik dalam melakukan pembelajaran tersebut dengan memasukkan elemen desain game pada konsep non-game. Survei profesi yang menjanjikan pada tahun 2020 yang dilakukan oleh World Economic Forum, menghasilkan bahwa salah satu profesi tersebut adalah software developer. Terdapat beberapa jenis software developer, salah satu diantaranya adalah frontend web developer. Untuk melakukan pembelajaran pengembangan sebuah frontend website, dapat dimulai dari mempelajari HTML dan CSS terlebih dahulu. Dengan adanya Sistem Pembelajaran HTML dan CSS dengan Konsep Gamification ini, diharapkan keinginan pengguna dalam melakukan pembelajaran dapat meningkat. Pada sistem ini terdapat fitur utama, yaitu pengerjaan misi, melakukan tantangan, pembelian item dan leaderboard. Sistem ini dikembangkan dengan menggunakan waterfall model yang menghasilkan 38 kebutuhan fungsional dan 1 kebutuhan non-fungsional. Implementasi sistem dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, HTML, Javascript, framework codeigniter dan framework bootstrap. Pengujian kebutuhan fungsional yang dilakukan pada sistem ini menggunakan pengujian unit dan pengujian integrasi yang menggunakan metode white box testing serta pengujian validasi yang menggunakan metode black box testing. Hasil dari pengujian kebutuhan fungsional adalah 100% pass. Pengujian kebutuhan non-fungsional dilakukan dengan menggunakan metode SUS dan menghasilkan nilai akhir 71, yang artinya sistem ini termasuk kategori “Acceptable”.
English Abstract
The selection of appropriate learning methods in an effort to increase student motivation is very important. Learning in online classes facilitates higher and better levels of learning in aspects of innovative and critical thinking. However, online learning cannot always ensure that students will remain active in completing their learning. The percentage of internet usage in Indonesian society shows that 46% of users tend to use the internet to play games. Games are becoming an increasingly important part of entertainment and are able to produce positive experiences. Thus by learning to use the concept of the game, users will get increased learning motivation and positive experiences. Gamification is an approach developed to increase learning motivation and student involvement in carrying out such learning by incorporating game design elements in non-game concepts. A survey conducted by the World Economic Forum, resulted that one of the promising job in 2020 is a software developer. There are several types of software developers, one of which is a frontend web developer. To learn the development of a frontend website, it can be started from learning HTML and CSS. By this HTML and CSS Learning System with Gamification Concept, it is expected that the user's desire to learn can be increased. In this system there are main features, namely mission work, carrying out challenges, purchasing items and leaderboard. This system was developed using a waterfall model resulted 38 functional requirement and 1 non-functional requirement. The system implementation is done using the PHP programming language, HTML, Javascript, codeigniter and bootstrap framework. On this system, Functional requirements testing was conducted by unit testing and integration testing using the white box testing method as well validation testing using the black box testing method. The result of functional requirements testing is 100% pass. Non-functional requirements testing is done using the SUS method resulted a final score of 71, which means this system belongs to the "Acceptable” category.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520150056 |
Uncontrolled Keywords: | sistem pembelajaran HTML, sistem pembelajaran CSS, gamifikasi, web, HTML learning system, CSS learning system, gamification, website |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.3 Artificial intelligence > 006.31 Machine learning |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 27 Feb 2021 08:50 |
Last Modified: | 11 Aug 2022 08:23 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183627 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
0520150056-Anjumi Kholifatu Rahmatika.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |