Evaluasi dan Perbaikan Antarmuka Website Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri Menggunakan Metode Human Centered Design

Ferdiantoro, Andreas Kurnia and Retno Indah Rokhmawati, S.Pd., M.Pd. and Lutfi Fanani, S.Kom., M.T., M. (2020) Evaluasi dan Perbaikan Antarmuka Website Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri Menggunakan Metode Human Centered Design. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri menggunakan website untuk memberikan informasi pelayanan dan transparansi kepada masyarakat. Pada praktiknya website tersebut memiliki permasalahan yang menyebabkan pengguna kurang memahami informasi yang diberikan. Hal ini disebabkan karena pengguna tidak pernah dilibatkan dalam perancangan website. Selain itu maintenance yang dilakukan juga hanya sebatas konten sehingga tampilan website belum pernah mengalami pembaruan sejak tahun 2014. Melihat permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk memberikan evaluasi dan memberikan perbaikan antarmuka pengguna menggunakan metode Human Centered Design. Penelitian ini menggunakan metode Human Centered Design yang memiliki 4 tahap yaitu memahami konteks pengguna, menspesifikasikan persyaratan pengguna, menghasilkan solusi desain dan evaluasi desain solusi. Penelitian ini melibatkan 6 responden pada tahap spesifikasi persyaratan pengguna dengan melakukan wawancara langsung untuk mendapatkan data kualitatif yang digunakan sebagai acuan dalam melakukan perbaikan antarmuka pengguna. Penelitian ini menggunakan perancangan purwarupa high fidelity prototype. Pada tahap evaluasi desain kembali dilakukan wawancara untuk menggali masukan pengguna dan memberikan kuesioner SUS untuk mendapatkan data kuantitatif apakah website yang dibuat sudah memenuhi kriteria perbaikan yang diharapkan pengguna. Dari hasil wawancara didapatkan repon yang lebih baik dari desain lama, pengguna yang bependapat bahwa tampilan antarmuka lebih rapi dan lebih mudah untuk digunakan. Hal ini disebabkan perbaikan dari segi pemilihan warna, penambahana halaman baru, pembuatan penambahan pentunjuk halaman sehingg memudahkan pengguna menggunakan website Hasil tersebut juga didukung dengan pengujian kuesioner SUS yang mendapatkan nilai 80.25 yang masuk dalam rating excellent dan mendapatkan acceptable range “Acceptable”.

English Abstract

The Kediri District Health Office uses a website to provide information on services and transparency to the public. In practice the website has problems that cause users to not understand the information provided. This is because users have never been involved in website design. In addition, the maintenance carried out is also limited to content so that the display has never been updated since 2014. Seeing this problem, this study aims to provide an evaluation and provide improvements to the user interface using the Human Centered Design method. This study uses the Human Centered Design method which has 4 stages: understanding the user context, specifying user requirements, producing design solutions and evaluating the design of solutions. This study involved 6 respondents at the specification stage of user requirements by conducting direct interviews to obtain qualitative data that is used as a reference in making improvements to the user interface. This study uses the design of high-fidelity prototype. In the design evaluation stage interviews were conducted to explore user input and provide SUS questionnaires to obtain quantitative data whether the website that was created had met the expected improvement criteria of the user. From the interview results obtained a better response from the old design, users who believe that the interface looks neater and easier to use. This is due to improvements in terms of color selection, addition of new pages, making the addition of page instructions so that users can easily use the website. The results are also supported by SUS questionnaire testing which scores 80.25 which are included in the excellent rating and get an acceptable range of "Acceptable".

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520150054
Uncontrolled Keywords: Human Centered Design, Task scenario, High Fidelity, System Usability Scale, Human Centered Design, Task scenario, High Fidelity, System Usability Scale
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.2 Programming for specific types of computers, for specific operating systems, for specific user interfaces > 005.26 Programming for personal computers > 005.269 Programming for specific user interfaces
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Feb 2021 08:22
Last Modified: 11 Aug 2022 07:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183624
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
0520150054-Andreas Kurnia Ferdiantoro.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item