Kajian Determinasi Seksual Berdasarkan Pendekatan Morfometrik dan Meristik Ikan Kepek (Mystacoleucus marginatus) (Valenciennes, 1842)

Hidayat, Rikho (2020) Kajian Determinasi Seksual Berdasarkan Pendekatan Morfometrik dan Meristik Ikan Kepek (Mystacoleucus marginatus) (Valenciennes, 1842). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia tercatat sebagai negara megabiodiversitas nomor tiga di dunia dengan 1.193 spesies ikan dan 120 spesies ikan endemik. Ikan kepek (Mystacoleucus marginatus) merupakan ikan yang banyak ditemukan di perairan umum Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Hasil tangkapan ikan kepek (Mystacoleucus marginatus) di suangan Cisadane memiliki jumlah yang paling sedikit dibandingkan dengan spesies ikan lokal lainnya. Kegiatan yang dapat dilakukan untuk mencegah turunnya populasi ikan kepek adalah dengan cara budidaya. Kegiatan budidaya ikan kepek (M. marginatus) perlu memperhatikan beberapa faktor, salah satunya adalah pemilihan jenis kelamin ikan. Perbedaan ikan kepek (M. marginatus) jantan dan betina saat ini hanya dilihat berdasarkan ukurannya saja, dimana ikan betina memiliki ukuran yang lebih besar daripada jantan. Studi antropologi ragawi dapat digunakan untuk mempelajari perbedaan pewarisan antar individu salah satunya adalah penentuan jenis kelamin dengan cara melihat beberapa aspek misalnya berat dan tinggi badan manusia. Perhitungan ragawi juga dapat digunakan untuk membedakan jenis kelamin ikan kepek (M. marginatus) berdasarkan pendekatan karakter morfometrik dan meristiknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kajian determinasi seksual berdasarkan karakter morfometrik dan meristik ikan kepek (M. marginatus). Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Budidaya divisi Reproduksi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya, Malang, pada bulan Januari – Maret 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian kajian determinasi seksual berdasarkan pendekatan morfometrik dan meristik ikan kepek (M. marginatus) (Valenciennes, 1842) adalah dengan menggunakan metode deskriptif komparatif. Hasil penelitian ditemukan 9 perbedaan karakter morfometrik pada ikan kepek (M. marginatus) asal Blitar dan 6 perbedaan pada ikan kepek (M. marginatus) asal Mojokerto. Hasil tersebut kemudian dilakukan uji-t untuk memiliki nilai signifikan dan didapatkan hasil yang sama signifikan dari ke dua daerah adalah pada parameter Anal Fin Length (AFL) dimana ukuran karakter Anal Fin Length (AFL) pada ikan betina memiliki ukuran 1% lebih panjang dibanding dengan ikan jantan. Parameter meristik yang diteliti diperoleh hasil yang tidak berpengaruh nyata, artinya bahwa perbedaan karakter meristik terjadi karena adanya variasi dalam spesies, bukan dipengaruhi oleh jenis kelamin ikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520150304
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 28 Feb 2021 04:27
Last Modified: 21 Oct 2021 04:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183567
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rikho Hidayat (2).pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2022.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item