Hubungan Interaksi Sosial dan Pola Tata Ruang dalam Tradisi Kampung Naga, Kabupaten Tasikmalaya.

Agusta, Aulia Astary (2020) Hubungan Interaksi Sosial dan Pola Tata Ruang dalam Tradisi Kampung Naga, Kabupaten Tasikmalaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kampung Naga merupakan kampung tradisional yang masih memepertahankan kebudayaannya. Kampung Naga yang berada di Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat ini merupakan salah satu kampung yang terkenal dengan budaya yang masih melekat pada masyarakatnya. Kampung Naga ditetapkan sebagai Kawasan Cagar Budaya, Kawasan Peruntukan Pariwisata, dan Kawasan Strategis Kabupaten dari sudut kepentingan sosial di Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Tasikmalaya tahun 2011-2031. Adat istiadat yang dilaksanakan di Kampung Naga berupa ritual, upacara serta kepercayaan mengenai aturan dalam menata ruang yang tentunya masih dilaksanakan oleh masyarakat. Analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis behaviour mapping, family tree dan overlay. Ketiga analisis tersebut akan dikaitkan secara deskriptif untuk mencapai tujuan penelitian. Variabel yang digunakan dalam mengidentifikasi hubungan interaksi sosial dan pola tata ruang adalah aktivitas, struktur sosial dan pola tata ruang yang ada di Kampung Naga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hubungan interaksi sosial dan pola tata ruang dalam tradisi Kampung Naga menjelaskan bahwa interaksi sosial yang terjadi ketika upacara dalam tradisi dilaksanakan memberikan pengaruh pada ruang yang digunakan. Hal tersebut terlihat dari hubungan yang terjadi pada variabel interaksi sosial dan pola tata ruang.

English Abstract

Kampung Naga is a traditional village that still maintains its culture. Naga Village, located in Salawu Subdistrict, Tasikmalaya Regency, West Java, is one of the villages that is famous for its culture that is still attached to its people. Kampung Naga is designated as a Cultural Heritage Area, Tourism Allotment Area, and Regency Strategic Area from the point of social importance in the Tasikmalaya District Spatial Plan 2011-2031. Customs carried out in Kampung Naga in the form of rituals, ceremonies and beliefs about the rules in arranging space which of course is still carried out by the community. The analysis used in this study is the analysis of behavior mapping, family tree and overlays. The three analyzes will be linked descriptively to achieve the research objectives. Variables used in identifying social interaction relationships and spatial patterns are activities, social structures and spatial patterns that exist in Kampung Naga. The results showed that the relationship of social interaction and spatial patterns in the Kampung Naga tradition explained that the social interactions that occur when ceremonies in a tradition are carried out influence the space used. This is evident from the relationships that occur in social interaction variables and spatial patterns.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520070299
Uncontrolled Keywords: Interaksi-sosial, Pola-tata-ruang, Kampung-Naga social-interaction, spatial-patterns, Kampung-Naga
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.1 General topics of social interaction
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Bambang Septiawan
Date Deposited: 28 Feb 2021 04:21
Last Modified: 13 Apr 2023 01:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183549
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Tugas Akhir - Aulia Astary - Aulia Astary Agusta.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (10MB)

Actions (login required)

View Item View Item