Kesesuaian Lahan dan Daya Dukung Kawasan Ekowisata Mangrove Pantai Dubibir, Situbondo

Aslikhah, Nurul (2020) Kesesuaian Lahan dan Daya Dukung Kawasan Ekowisata Mangrove Pantai Dubibir, Situbondo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Lebih dari sepertiga luasan mangrove di dunia ada di Asia Tenggara dan 80% nya ada di Indonesia. Wilayah di Indonesia seperti Pesisir Kabupaten Situbondo banyak ditumbuhi pohon mangrove yang memiliki luasan 752,02 ha. Kabupaten Situbondo memiliki hutan mangrove yang masih belum diketahui informasi kesesuaian lahan dan daya dukungnya, maka perlu dilakukan penelitian, salah satunya du ekowisata mangrove Pantai Dubibir. Ekowisata ini dikelola oleh POKDARWIS dan diketuai oleh Pak Alan. Penelitian kesesuaian lahan dan daya dukung ini dimaksudkan untuk mengembangkan daerah ekowisata mangrove Pantai Dubibir menjadi ekowisata yang baik beserta perumusan strategi untuk perencaan yang akan datang. Kesesuaian lahan menggunakan metode dari Yulianda (2019) dengan melihat lima parameter, yaitu ketebalan mangrove, kerapatan mangrove, jenis mangrove, pasang surut air laut, dan jenis biota. Rumus menghitung daya dukung kawasan juga mengacu pada Yulianda (2019). Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu stasiun 1 yang berada di pusat kegiatan wisata memiliki status sesuai dengan nilai 2,12, sedangkan stasiun , sedangkan stasiun 2 dan 3 tidak sesuai dengan nilai secara berurutan 1,97 dan 1,85. Daya dukung kawasan ekowisata mangrove Pantai Dubibir adalah 413 orang/hari dengan kegiatan tracking dan camping. Strategi pengembangan yang dirumuskan yaitu menonjolkan seluruh potensi hutan mangrove dalam mendukung promosi wisata, perbaikan jalan secara keseluruhan sampai lokasi, pembuatan papan himbauan dan larangan, pemanfaatan media online sebagai sarana promosi, mengemas kegiatan adat sebagai event spesial, menjalin koordinasi yang baik dengan pemda yang kemudian pemda dapat melakukan pelatihan kepada kelompok, memanfaatkan fasilitas dari CSR untuk memenuhi kebutuhan promosi wisata lebih menarik, bekerjasama dengan masyarakat sekitar untuk membuka usaha souvenir wisata, perekrutan anggota kelompok yang memiliki semangat sosial dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520150274
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 577 Ecology > 577.6 Aquatic ecology > 577.69 Saltwater wetland and seashore ecology > 577.698 Mangrove swamp ecology
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 20 Feb 2021 07:13
Last Modified: 13 Apr 2023 02:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183392
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nurul Aslikhah (2).pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item