Ramadhan, Ghaffar (2020) Analisis Pengukuran Kinerja Operasional dengan SMART System pada Industri Panel Listrik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
PT. Pura Mayungan merupakan salah satu perusahaan penyedia solusi panel listrik yang sekaligus mendesain, memproduksi, memasarkan dan mendistribusikan panel daya tegang rendah dan daya tegang menengah. Terdapat 2 segmen pasar pada PT. Pura Mayungan, yaitu pasar PLN dan pasar swasta, namun objek penelitian ini hanya di segmen pasar swasta. Beberapa dampak permasalahan efektivitas dan efisiensi internal di segmen pasar swasta adalah kesulitan dalam menghadapi persaingan harga dengan perusahaan kompetitor dan beberapa pengiriman mengalami keterlambatan. Permasalahan efektivitas dan efisiensi internal mempengaruhi PT. Pura Mayungan tidak dapat mencapai target penjualannya. Penelitian ini melakukan pengukuran kinerja di beberapa aspek sebagai dasar upaya peningkatan efektifitas dan efisiensi internal, lalu selanjutnya mengevaluasi hasil pengukuran kinerja dan mengusulkan rekomendasi perbaikan pada manajemen puncak. Penelitian ini menggunakan model SMART System dikarenakan perusahaan ini berorientasi pada kinerja operasional. Metode ini memiliki 3 tingkat level bisnis yang di dalam setiap level bisnis terdapat perspektif yang merepresentasikan kinerja operasional dan terbentuk hierarki seperti piramida. Terdapat 9 perspektif di dalam model SMART System, yaitu finansial, pangsa pasar, kepuasan pelanggan, fleksibilitas, produktifitas, kualitas, pengiriman, waktu proses, dan biaya. Berdasarkan 9 perspektif, identifikasi strategi objektif diadaptasi dari misi perusahaan, menentukan key performance indicator (KPI), pembobotan menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP), penilaian skor menggunakan Objectives Matrix (OMAX) dan analisis penentuan kinerja menggunakan Traffic Light System (TLS) dimana tingkat pencapaian kriteria akan ditempatkan dalam katagori hijau (sudah mencapai target), kuning (hampir mencapai target), dan merah (jauh dari target). Rekomendasi untuk peningkatan performansi dibuat berdasarkan indikator warna pada Traffic Light System (TLS) dan analisis penyebab permasalahan yang akan diperbaiki menggunakan Root Cause Analysis (RCA). Penelitian ini menghasilkan 28 KPI yang diperoleh berdasarkan 9 perspektif SMART System yang divalidasi dengan diskusi bersama pihak perusahaan. Pencapaian dari setiap perspektif antara lain biaya (10), waktu proses (5.72), pengiriman (5), kualitas (8.67), produktifitas (6.25), fleksibilitas (4.66), kepuasan pelanggan (8.33), finansial (5.53) dan pangsa pasar (3.15). Berdasarkan indikator warna pada Traffic Light System, dihasilkan 15 KPI yang tergolong pada indikator warna hijau, 5 KPI tergolong pada indikator warna kuning, dan 8 KPI tergolong pada indikator warna merah. Rekomendasi perbaikan dibuat pada KPI yang tergolong warna merah, kuning dan tidak menutup kemungkinan untuk warna hijau apabila masih terdapat celah yang mempengaruhi key performance indicator lainya tidak tercapai. Perbaikan yang dilakukan diprioritaskan untuk KPI yang hampir mencapai target dan KPI yang jauh dari target sehingga pada periode berikutnya, KPI tersebut dapat mencapai target atau dalam katagori warna hijau.
English Abstract
PT. Pura Mayungan is a private company that supplies a medium and low voltage switchgear. It designs, produces and installs electrical switchgears. There are two market segments that PT. Pura Mayungan serves which are PLN market and private market, but the object of this study is just the private market. Internal effectiveness and efficiency faults trigger some problems, such as price competing failures against competitors and several delivery delays. These problems affect PT. Pura Mayungan in reaching the sales target. This study measures performance in several aspects to improve internal effectiveness and efficiency, then it evaluates the performance measurement result and proposes some recommendations to top management. This research uses the SMART System Model because this company is operational oriented. This method has an objective strategic level arrangement in organizational management that is structured and shaped like a pyramid. There are nine perspectives in SMART System Model which are financial, market share, customer satisfaction, flexibility, productivity, quality, delivery, process time, and cost perspective. Based on these nine perspectives, identification of strategy objectives is derived from company’s mission statements. For each mission statements, Key Performance Indicators (KPI) are established then weighed by using Analytical Hierarchy Process (AHP). To find out the performance score of the company, scoring system is done using Objectives Matrix (OMAX). After that, performance indicators analysis will be identified using Traffic Light System (TLS) to determine the level of achievement of the criteria by putting it in the green category (target is achieved), yellow (target is not achieved yet), and red (far from the target). Recommendations for performance improvements are made based on color indicators on the Traffic Light System (TLS) by using Root Cause Analysis (RCA). The results of this research are 28 KPIs established and validated by the company. The score of each perspectives is cost (10), process time (5.72), delivery (5), quality (8.67), productivity (6.25), flexibility (4.66), customer satisfaction (8.33), financial (5.53), and market share (3.15). Based on the Traffic Light System (TLS) color indicator, the results of 15 KPIs are found in the green indicator, 5 KPIs is in the yellow indicator, and 8 KPIs are in the red indicator. Recommendations for improvements are made for all KPIs which are in the red category, all KPIs which are in the yellow category, and even a few KPIs which are in the green category. The improvements made are prioritized for the red and yellow KPIs so that in the next period, those KPIs can hit the green category.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520070236 |
Uncontrolled Keywords: | Pengukuran Kinerja, SMART System, AHP, OMAX, TLS, RCA Performance Measurement, SMART System, AHP, OMAX, TLS, RCA |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering and allied operations > 620.004 Design, testing, measurement, quality, maintenance, repair |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Bambang Septiawan |
Date Deposited: | 28 Feb 2021 04:18 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 01:39 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183246 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
0520070236-Ghaffar Ramadhan.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |