Kajian Desain Kapal Tradisional Dengan Sistem Palka Ikan Hidup Di Pulau Pagerungan Besar Kabupaten Sumenep, Jawa Timur

Pahlawan, Muhamad Rizal (2020) Kajian Desain Kapal Tradisional Dengan Sistem Palka Ikan Hidup Di Pulau Pagerungan Besar Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kapal..penangkapan .dengan sistem palka ikan hidup menjadi. Alternatif bagi.nelayan..untuk mendapatkan pendapatan yang tinggi bagi kehidupan nelayan. Penggunaan dan keberadaan.sistem.palka ikan.hidup, dapat membantu nelayan untuk mengurangi biaya operasional pengawetan ikan hasil tangkapan yang didapat sebesar 11,8 %. Disamping itu nilai ekonomis ikan hasil tangkapan akan naik sertaa kualitasnya pun akan sangat berkualitas, dan pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan nelayan. Untuk hasil tangkapan dengan menggunakan sistem palka ikan hidup.dapat.juga ikut melestarikan sumber daya perikanan, karena nelayan akan lebih selektif dalam menangkap ikan. Target hasil tangkapannya yaitu ikan kerapu, Ikan kerapu merupakan ikan dengan nilai ekonomis tinggi di pasar lokal maupun interlokal. Harga ikan kerapu hidup cukup mahal bila dibandingan dengan kondisi mati. Oleh sebab itu, peralatan tangkap yang dipergunakan juga disesuaikan yaitu menggunakan pancing ulur agar kualitas hasil tangkapan tetap terjaga. Tujuan..dari pelaksanaan penelitian..ini, yaitu adalah mengetahui desain konstruksi kapal dengan sistem palka ikan hidup, mengetahui nilai stabilitas kapal, mengetahui besarnya tahanan pada kapal, serta mengetahui kualitas ikan kerapu hasil tangkapan menggunakan kapal dengan sistem palka ikan hidup. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2020 dengan lokasi pengambilan data di Pulau..Pagerungan..Besar, Kabupaten..Sumenep, Jawa Timur, dan dilanjutkan dengan pengolahan data dan analisa hasil yang dilaksanakan di Kota.Bogor, Jawa.Barat pada bulan April 2020. Alur penelitian ini dilakukan beberapa tahapan diantaranya yaitu pengambilan data yang didapatkan dari survey di lapang dengan mengambil 3 sample kapal, selanjutnya dilakukan permodelan kapal dengan dibantu komputer untuk mengetahui kelayakan teknis kapal meliputi aspek hidrostatis kapal, tahanan kapal dan stabilitas kapal. Analisa kekuatan konstruksi kapal untuk pengangkutan ikan hidup dilakukan dengan menganalisa desain palka ikan hidup dan juga hasil pengujian stabilitas yang didapatkan dengan bobot muatan dan sarat kapal tertentu yang dapat mempengaruhi kekuatan konstruksi pada kapal. Kualitas ikan hasil tangkapan yang ditempatkan dalam palka ikan hidup dianalisa dengan cara mengamati kondisi ikan setelah ditangkap menggunakan pancing ulur dan berapa lama ikan dapat bertahan hidup didalam palka. Metodologi penelitian ini menggunakan metode numerik deskriptif dengan mendesain 3 sample kapal beserta palka sesuai dengan ukurannya menggunakan software maxsurf modeller dan Autocad. Kemudian berdasarkan desain yang sudah dibuat lalu diolah pada software maxsurf stability untuk mendapatkan nilai hidrostatis kapal beserta nilai stabilitas sesuai dengan criteria yang ditetapkan oleh IMO (International Maritime Organisation) berdasarkan beban muatan kapal pada 4 kondisi dan sarat kapal yang berbeda, selanjutnya pengolahan data dilakukan menggunakan software maxsurf resistance dengan metode holtrop untuk menentukan besarnya tahanan kapal yang didapat pada kecepatan tertentu sesuai dengan sarat pada kondisi saat kapal tidak membawa muatan dengan saat kapal sedang membawa muata penuh . Hasil penelitian menunjukan bahwa kapal dengan sistem palka ikan hidup di Pulau Pagerungan Besar mampu mengangkut ikan kerapu hidup sebanyak 60 ekor dengan berat rata rata 1 kg/ekor dengan displacement kapal 2,815 ton dan sarat penuh adalah 0,415 meter hal tersebut disesuaikan dengan kapasitas ruang palka yang tidak besar. Kecepatan maksimal kapal ketika muatan penuh adalah 10 knot dengan tahanan sebesar 1,8 kN dan daya mesin dibutuhkan sebesar 24,428 hp. Stabilitas kapal dapat dikatakan baik dan memenuhi syarat keselamatan IMO dengan nilai GM tertinggi sebesar 0,71 m, GZ maksimal tertinggi sebesar 0,276 m.rad ada pada sudut kemiringan 43,6 o dan disimpulkan titik.hilang.stabilitas.kapal ketika..kapal oleng diantara sudut 100 o sampai dengan 110 o lebih tepatnya pada sudut 104,2 o. Kualitas ikan yang disimpan sangat bagus karena menggunakan alat tangkap pancing ulur sehingga struktur tubuh ikan tidak rusak dan dilakukan penanganan khusus terhadap siklus pernapasannya ikan, maka lamanya waktu penyimpanan hasil tangkapan dapat bertahan mencapai 3 hari didalam palka yang berisi air. Jumlah ikan maksimal yang didapat adalah 60 kg/trip, jumlah ini dapat bertambah jika ruangan pada konstruksi palka dapat ditambah dan diperbesar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520080235
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 623 Military and nautical engineering > 623.8 Nautical engineering and seamanship > 623.82 Nautical craft > 623.828 Other power-driven ships > 623.828 2 Fishing boats
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 20 Feb 2021 07:13
Last Modified: 07 Oct 2024 06:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183142
[thumbnail of Skripsi, PKM, Artikel_Muhamad Rizal Pahlawan_FPIK_PSP 2016 - Muhamad Rizal Pahlawan.pdf] Text
Skripsi, PKM, Artikel_Muhamad Rizal Pahlawan_FPIK_PSP 2016 - Muhamad Rizal Pahlawan.pdf

Download (12MB)

Actions (login required)

View Item View Item