Dewi, Herlina (2020) Perencanaan Strategi Pemasaran Pada Bisnis December Rain Fleur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Persaingan bisnis yang semakin ketat membuat perusahaan harus mengeluarkan usaha ekstra untuk memasarkan produk dan jasanya. Sebagai bisnis yang baru dirintis, December Rain Fleur (DRF) memiliki banyak kekurangan, terutama masalah pemasaran yang menjadi kendala berarti. Dari alasan tersebut maka bisnis ini dirasa penting untuk dievaluasi dan dibuatkan perencanaan strategi pemasaran agar dapat meningkatkan penjualan, dapat bersaing dan berjalan dengan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi bisnis DRF, serta untuk mengetahui strategi pemasaran apa yang tepat untuk diterapkan oleh bisnis DRF. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, pada objek penelitian bisnis December Rain Fleur. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, Matriks SWOT, dan Matriks QSPM. Hasil analisis Matriks IFE menghasilkan nilai 2,29, dan Matriks EFE menghasilkan nilai 2,54. Posisi perusahaan menurut analisis Matriks IE berada pada kuadran V, yaitu bertahan dan memelihara. Hasil penelitian ini menghasilkan strategi pengembangan produk sebagai strategi terbaik untuk diterapkan bisnis DRF. Strategi ini berupaya untuk mencari peningkatan penjualan dengan memodifikasi produk yang ada atau mengembangkan yang baru.
English Abstract
The increasingly fierce business competition requires companies to do extra efforts to market their products and services. As a newly established business, December Rain Fleur (DRF) has many shortcomings, especially in marketing. Therefore, its marketing strategy needs to be evaluated so that it can increase its sales, competitiveness, and wellbeing. This descriptive qualitative study aims to analyze DRF’s internal and external factors and to determine the appropriate marketing strategy. The data was analyzed using IFE Matrix, EFE Matrix, IE Matrix, SWOT Matrix, and QSPM Matrix. The value of the IFE Matrix is 2.29, and the value of the EFE Matrix is 2.54. Referring to the IE Matrix, the company is in quadrant V, which is hold and maintain. Furthermore, product development is the best strategy for DRF. This strategy seeks to increase sales by modifying the existing products or developing the new ones.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520020107 |
Uncontrolled Keywords: | strategi, pemasaran, internal, eksternal, matriks., strategy, marketing, internal, external, matrix. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 16 Feb 2021 17:10 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 03:55 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183050 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
165020907111004 - Herlina Dewi.pdf Restricted to Registered users only until 31 March 2023. Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |