Uji Daya Hambat Ekstrak Kasar Daun Johar (Cassia Siamea L) terhadap Bakteri Pseudomonas aeruginosa secara In Vitro.

Miraleyana, - (2020) Uji Daya Hambat Ekstrak Kasar Daun Johar (Cassia Siamea L) terhadap Bakteri Pseudomonas aeruginosa secara In Vitro. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia merupakan kepulauan yang memiliki wilayahi sumberdaya alami melimpah. Sumberdaya alam diantaranya adalah sumber dayai perairan, baik tawar, laut dan payau yang menunjangi pembangunan perikanan sehingga dapat meningkatkan devisai negara. Meningkatnya potensi usaha budidaya menyebabkan tidak terkontrol manajemeni budidaya, mengakibatkan faktor hama dan penyakit berada sehingga mengakibatkan kerugian besar. Infeksi penyakit dengan intensitasii serangan yang tinggi dapat mengakibatkan kerugianii yang signifikan. Penyakit merugikan yang sering ditemukan ikan adalah penyakiti bakteri. Bakteri yang menyebabkan penyakit pada ikan adalah P. aeruginosa. Penangganan yang dilakukan hingga saat ini untuk bakterial dengan pemberian antibiotik dari bahan kimia. Pemberian antibiotik kimia secara terus menerus dapat mengakibatkan resisten serta mengakibatkan residu pada kualitas ikan. Alternatif pengobatan untuk mengatasi permasalahan infeksi bakteri adalah menggantI pengobatan dengan bahan alami. Kandungan bahan aktif yang memiliki potensi sebagai antibakteri, salah satunya adalah daun johar (Cassia siamea L.). kandungan bahan aktif yang terdapat pada daun johar saponin, alkaloid, tannin, fenol. Keberadaan fenol, alkaloid dan tannin memiliki kemampuan sebaga antibakteri. Peran bahan aktif tersebut sebagai pengobatan alami pada daun johar yang mampu menghambat infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui uji daya hambat ekstrak daun johar (C. siamea L.) terhadap bakteri P. aeruginosa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2019-Januari 2020 di Laboratorium Ilmu Teknologi Hasil Perairan (Divisi Keamanan Hasil Perikanan), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya Malang. Pada penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan pemberian ekstrak kasar daun johar (Cassia siamea L.) dengan dosis 110 ppm, 135 ppm, 160 ppm, 185 ppm dan 210 ppm serta Kontrol Negatif (-) tanpa pemberian perlakuan. Parameter uji utama pada penelitian ini yaitu hasil zona bening yang telah diinkubasi selama 24 jam pada suhu 320C, zona bening akan terlihat disekitar kertas cakram yang telah ditumbuhi bakteri P. aeruginosa dengan dosis yang berbeda diukur dengan menggunakan jangka sorong (mm). Berdasarkan hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah pemberian ekstrak kasar daun johar (Cassia siameai L.) mampu menghambat pertumbuhan bakteri P. aeruginosa. Didapatkan hasil pada penelitian ini, rerata zona bening uji cakram untuk perlakuan A ( 9,22 mm), B (9,40 mm), C (9,69 mm), D (9,89 mm) dan E ( 10,14 mm). Hubungan antara perlakuan ekstrak kasar daun johar terhadap zona hambat menunjukan grafik linear dengan persamaan y= 8,1725 + 0,0093x dan koefisien R2= 0,935. Pemberian ekstrak kasar daun johar (C. siamea L.) seiring dengan adanya penambahan dosis 110 ppm, 135 ppm, 160 ppm, 185 ppm dan 210 menunjukan mampu menghambat pertumbuhan bakteri P. aeruginosa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520080225
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine > 636.089 5 Veterinary medicine (Pharmacology and therapeutics) > 636.089 532 1 Veterinary medicine (Drugs derived from plants)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 20 Feb 2021 07:12
Last Modified: 11 Apr 2023 01:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183016
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Miraleyana (2).pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item