Pengaruh Rasio Tanah Molisol dan Kompos Sludge Biogas Dengan Penambahan Sabut Kelapa Terhadap Tinggi Tanaman, Jumlah Daun dan Diameter Batang Tanaman Jagung (Zea mays)

Padma, Khansa (2020) Pengaruh Rasio Tanah Molisol dan Kompos Sludge Biogas Dengan Penambahan Sabut Kelapa Terhadap Tinggi Tanaman, Jumlah Daun dan Diameter Batang Tanaman Jagung (Zea mays). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tanaman jagung (Zea mays) merupakan tanaman pokok yang kebutuhannya terus meningkat. Untuk memenuhi kebutuhan jagung tersebut yaitu dengan memperhatikan budidaya pemeliharaan jagung terutama pada saat penanaman jagung diberikan pupuk pada tanah agar pertumbuhan jagung optimal. Salah satu pemanfaatan sludge dari biogas yaitu untuk dijadikan pupuk kompos dengan penambahan sabut kelapa yang akan dijadikan media tanam tanaman jagung untuk mengamati pertumbuhan vegetatif (jumlah daun, tinggi tanaman dan diameter batang) tanaman jagung dengan perbandingan tanah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh rasio tanah molisol dan pupuk kompos (sludge biogas+sabut kelapa 2%) terhadap tinggi tanaman jumlah daun dan diameter batang pada tanaman jagung dan mengetahui perlakuan terbaik dari rasio tanah molisol dan pupuk kompos (sludge biogas+sabut kelapa 2%). Penelitian dilakukan tanggal 10 September 2019 sampai 10 Desember 2019 di Kecamatan Bumiaji, Desa Gunung sari, Dusun Brau dan Jl. Soekarno Hatta, Malang. Materi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah 40 Tanaman jagung, tanah molisol sebanyak 50Kg, pupuk kompos sebanyak 30Kg untuk 4 perlakuan dan 5 ulangan. Metode penelitian ini adalah penelitian percobaan lapang dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Perlakuan penelitian ini adalah rasio tanah molisol dan pupuk kompos yang digunakan sebanyak P0 Tanah molisol 4kg, P1 3:1 (Tanah Molisol 3Kg dan Pupuk 1Kg), P2 1:1 (Tanah molisol 2Kg dan Pupuk 2Kg), dan P3 1:3 (Tanah molisol 1Kg dan Pupuk 3Kg). Variabel yang di ukur adalah tinggi tanaman, jumlah daun dan diameter batang tanaman jagung. Data dianalisis menggunakan Analysis Of Varians (ANNOVA), jika ada perbedaan pengaruh akan dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan (UJBD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasio tanah molisol dan pupuk kompos (sludge biogas + sabut kelapa 2%) memberikan pengaruh nyata (P<0,05) terhadap diameter batang tetapi tidak memberikan pengaruh nyata (P>0,05) terhadap tinggi tanaman dan jumlah daun. Nilai Rataan terbaik pada tinggi tanaman yaitu P1 (101,84±6,28), jumlah daun P3 (9,2 ±0,45), dan diameter batang P1 (21,15ab ±3,08). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan perlakuan rasio tanah molisol dan pupuk kompos (sludge biogas+sabut kelapa 2%) dapat membantu pertumbuhan dari diameter batang. Perlakuan yang terbaik pada tinggi tanaman dan diameter batang adalah P1 sedangkan perlakuan terbaik pada jumlah daun adalah pada perlakuan P3. Penggunaan pupuk kompos (sludge biogas+sabut kelapa 2%) dapat digunakan sebagai media tanam untuk tanaman lainnya

English Abstract

The purpose of this research was to determine the effect of difference rasio of soil and organic fertilizer of biogas sludge with addition coco fiber to plant height, the number of leaves and stem diameter in corn plant (Zea mays). The research material used 40 corn plant, 50kg of soil, and 30kg of organic fertilizer of biogas sludge with addition coco fiber. The research metode used Completely Randomized Design (CRD) with 4 treatments and 5 repeats. The treatment was the rasio of soil and organic fertilizer: P0 (only soil), P1 (3:1), P2 (1:1) and P3 (1:3). The data was analyzed by analysis of variance (ANNOVA), if there was a significanly effect will continued by Duncan’s Multiple Range Test (DMRT). The results showed that the proportion soil and organic fertilizer of biogas sludge with addition coco fiber 2% gave significanly effect (P<0,05) on the stem diameter while of plant height and the number of leaves were gave not significanly effect (P>0,05). The conclusion of this research was organic fertilizer of biogas sludge with addition coco fiber 2% can be used as a planting media for another plant because it has the same effect on plant growth.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520050174
Uncontrolled Keywords: bio-organic fertilizer, growth, cropping test
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 631 Specific techniques; apparatus, equipment materials > 631.8 Fertilizers, soil conditioners, growth regulators > 631.87 Vegetables manures and converted household garbage > 631.875 Compost
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Feb 2021 07:13
Last Modified: 17 Jan 2023 02:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/182853
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
0520050174-Khansa Padma (2).pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item