Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kepuasan Konsumen Ikan Lele Segar di Pokdakan “Wahana Sentosa” Kota Probolinggo, Jawa Timur

Ferdiansyah, Hubertus Christian (2020) Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kepuasan Konsumen Ikan Lele Segar di Pokdakan “Wahana Sentosa” Kota Probolinggo, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pokdakan (Kelompok Pembudidaya Ikan) adalah suatu kumpulan masyarakat yang bergerak di bidang budidaya ikan yang terbentuk dan tumbuh atas dasar adanya kepentingan bersama dengan rasa saling percaya, keserasian dan keakraban untuk bekerjasama dalam rangka meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Pokdakan merupakan suatu kelembagaan yang mewadahi masyarakat untuk mengembangkan usaha di bidang perikanan budidaya. Meskipun popularitas produk perikanan terus berlanjut, bisnis ini masih memiliki masalah dengan penjualan produk-produk perikanan tertentu yang tidak merata. Beberapa produk perikanan memiliki nilai penjualan yang relatif rendah, sementara beberapa produk perikanan lainnya memiliki penjualan yang cukup tinggi. Produk dengan volume penjualan rendah akan mengurangi nilai penjualan produk secara keseluruhan. Penting bagi pemilik usaha perikanan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang memengaruhi konsumen untuk membeli ikan segar di Pokdakan Wahanan Sentosa. Oleh karena itu, mereka akan dapat menerapkan pengetahuan ini untuk meningkatkan kepuasan konsumen dan hasil penjualan mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan konsumen dan faktor yang paling dominan terhadap kepuasan konsumen ikan lele segar di Pokdakan Wahana Sentosa Probolinggo. Penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data dengan cara observasi dan menggunakan kuesioner online. Kuesioner online menggunakan google form dengan pemberian skor menggunakan Skala Likert kategori Ordinal, dan penyebaran kuesioner melalui whatsapp rekan peneliti yang ada di lokasi. Observasi yang dilakukan peneliti menggunakan observasi non-partisipan. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik inferensial: Regresi Linear Berganda dan analisis deskriptif. Analisis statistik inferensial: Regresi Linear Berganda digunakan untuk menganalisis data yang berbentuk angka yang diperoleh dari kuesioner responden, sedangkan untuk analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan data apapun yang berasal dari data primer maupun data sekunder. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen ikan lele di Pokdakan Wahana Sentosa Probolinggo. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan menggunakan metode penelitian survei dan pendekatan kuantitatif. Explanatory research adalah penelitian yang menunjukkan hubungan antara dua variabel atau lebih. Dalam penelitian ini, variabel yang diteliti adalah hubungan antara kualitas produk, kewajaran harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil analisis dari ke 4 (empat) jalur hubungan langsung yang menghubungkan 4 (empat) variabel penelitian ini terdapat 3 (tiga) hubungan yang berpengaruh secara signifikan dan 1 (satu) hubungan yang berpengaruh tidak signifikan. Penelitian ini juga mendapat temuan baru yang berbeda dengan penelitian sebelumnya, yaitu (1) Kualitas Produk berpengaruh tidak signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (secara parsial); (2) Kualitas Produk, Kewajaran Harga, dan Kualitas Pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Berdasarkan uji asumsi klasik yang dilakukan, data yang diperoleh dari uji dterminasi menunjukkan hasil dari Adjusted R Square sebesar 0.746 yang berarti bahwa kemampuan dari variabel independen yaitu kualitas produk(X1), kewajaran harga(X2), dan kualitas pelayanan (X3) dalam menjelaskan variasi perubahan variabel dependen yaitu kepuasan konsumen (Y) sebesar 74,6%, sedangkan 25,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berada diluar model regresi yang digunakan saat ini. Hasil perhitungan uji statistik t kualitas produk diperoleh nilai t hitung 0,646 < t tabel 2,026, yang berarti bahwa variabel kualitas produk (secara parsial) berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil perhitungan uji statistik t kewajaran harga diperoleh nilai t hitung 2,178 > t tabel 2,026, yang berarti bahwa variabel kewajaran harga (secara parsial) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil perhitungan uji statistik t kualitas pelayanan diperoleh nilai t hitung 2,399 > t tabel 2,026, yang berarti bahwa variabel kualitas pelayanan (secara parsial) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil perhitungan statistik diperoleh nilai F sebesar 40,212 dengan nilai signifikansi 0,000. Sedangkan nilai Ftabel yang diperoleh Ftabel= F(k;n-k)= F(3;38) = 2,85. Sehingga diperoleh nilai Fhitung (40,212) > Ftabel (2,85) maka dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas produk, kewajaran harga, dan kualitas pelayanan secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti memberikan saran untuk penelitian selanjutnya yaitu penelitian selanjutnya dapat memperluas model penelitian dengan menambahkan variabel lain yang dapat memengaruhi kepuasan konsumen atau menambahkan variabel lain yang dihasilkan dari kepuasan konsumen seperti niat pembelian kembali atau word of mouth mengingat pada penelitian ini hanya terdapat 3 variabel X dan 1 variabel Y. Saran untuk pemilik Pokdakan Wahana Sentosa yaitu dalam menentukan strategi pemasaran, pengelola alangkah baiknya memperhatikan faktor-faktor (kualitas produk, kewajaran harga,dan kualitas pelayanan) yang menjadi alasan konsumen untuk membeli ikan di Pokdakan Wahana Sentosa. Berdasarkan hasil pada penelitian ini pemilik Pokdakan harus mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan serta memberikan harga yang terjangkau kepada konsumen karena kualitas pelayanan dan kewajaran harga merupakan faktor yang berpengaruh secara nyata terhadap kepuasan konsumen Pokdakan Wahana Sentosa agar para konsumen merasa puas dengan apa yang telah mereka dapatkan sehingga akan membuat mereka membeli ikan kembali di Pokdakan Wahana Sentosa. Selain itu, pemilik Pokdakan Wahana Sentosa juga harus selalu memperhatikan kompetisi pasar dalam menjalankan usahanya, karena kompetisi pasar juga berpengaruh besar terhadap respon konsumen dalam menentukan keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520080168
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 20 Feb 2021 07:11
Last Modified: 11 Apr 2023 03:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/182777
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
LAPORAN SKRIPSI, Artikel, PKM - Hubertus Christian Ferdiansyah (2).pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item