Strategi Penataan Fisik Berdasarkan Tingkat Kekumuhan Kampung Kamal Muara Jakarta Utara

Wiratama, Elang Nusa (2020) Strategi Penataan Fisik Berdasarkan Tingkat Kekumuhan Kampung Kamal Muara Jakarta Utara. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kampung Nelayan Kamal Muara merupakan dermaga penyeberangan wisatawan dan pelabuhan ikan utama di Jakarta Utara. Kampung Nelayan Kamal Muara terletak di Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara dan memiliki lokasi strategis karena berdekatan dengan kawasan wisata Sunda Kelapa dan Muara Angke. Selain lokasi yang strategi, Kampung Nelayan Kamal Muara juga memiliki potensi karena memiliki tempat pelelangan ikan mandi (TPI) yaitu TPI Kamal Muara. Namun, dibalik semua potensinya Kampung Nelayan Kamal Muara yang merupakan permukiman kumuh juga menghadapi permasalahan yang sulit seperti tingkat kepadatan bangunan yang tinggi, kondisi bangunan yang tidak layak, pasokan air bersih dan air minum yang tidak cukup, pengelolaan sampah yang tidak baik sehingga menyebabkan penumpukan dan pengelolaan limbah yang tidak memadai. Genangan air dan banjir juga sering terjadi karena kondisi drainase yang tidak layak. Untuk mengoptimalkan potensi yang ada, pemerintah telah membuat rancangan pengembangan Kampung Nelayan Kamal Muara untuk menjadi bagian dari wisata Kota Tua. Rencana pengembangan ini tercantum dalam Peraturan Daerah No.1 tahun 2014 tentang Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi DKI Jakarta dan Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 1 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah DKI Jakarta 2030. Rencana pengembangan ini ada untuk menjadikan Kampung Nelayan Kamal Muara sebagai penunjang kehidupan dan penghidupan bagi warganya. Kampung Nelayan Kamal Muara harus menjadi kawasan permukiman yang sesuai dengan persyaratan kesehatan yang berlaku. Oleh karena itu dibutuhkan strategi penataan fisik yang sesuai dengan tingkat kekumuhan dan dibuat berdasarkan peraturan peningkatan kualitas permukiman kumuh pemerintah dan sesuai dengan persyaratan permukiman sehat.

English Abstract

Kampung Nelayan Kamal Muara is a major tourist transit dock and fishing port in Jakarta Utara. Kampung Nelayan Kamal Muara located in Penjaringan sub-district in Jakarta Utara and strategically located near Sunda Kelapa tourist area and Muara Angke. In addition to strategic location, Kampung Nelayan Kamal Muara has other potential that is Kampung Nelayan Kamal Muara has an independent fish auction marketplace called TPI Kamal Muara. However, Kampung Nelayan Kamal Muara is a slum neighborhood area with a lot of problem such as high building density, inadequate building conditions, insufficient supply of hygiene water and drinking water, poor garbage management leads to garbage pile at several places and poor waste management. Puddle and flood often occurs as a result of poor drainage conditions. To optimize its existing potential, government devise a program to develop Kampung Nelayan Kamal Muara to become a part of Kota Tua tourism area. All those development program listed in Peraturan Daerah No.1 tahun 2014 tentang Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi DKI Jakarta dan Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 1 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah DKI Jakarta 2030. This development program exists as an effort to develop Kampung Nelayan Kamal Muara to become a neighborhood area that can support life and livelihood of its inhabitant. Therefore, Kampung Nelayan Kamal Muara requires an improvement strategy of its physical aspect that corresponds to its slumness level and based on regulations for slums quality improvement by government and healthy settlement requirements.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520070157
Uncontrolled Keywords: Kamal Muara, permukiman kumuh, strategi penataan, permukiman sehat. , Kamal Muara, slum, improvement strategy, healthy settlement.
Subjects: 700 The Arts > 711 Area planning (civic art) > 711.4 Local community planning (city planning)
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Bambang Septiawan
Date Deposited: 27 Feb 2021 22:16
Last Modified: 16 Jan 2023 07:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/182763
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
0520070157-Elang Nusa Wiratama.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (22MB)

Actions (login required)

View Item View Item