Model Integrasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Sikap Konsumen terhadap Pembelian Online Produk Perikanan di Tokopedia.com

Luthfi, Fadhilah (2020) Model Integrasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Sikap Konsumen terhadap Pembelian Online Produk Perikanan di Tokopedia.com. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Konsumen resah dan merasa khawatir dengan faktor resiko yang terdapat pada online shopping. Hal ini dikarenakan masyarakat belum memahami secara menyeluruh tentang dampak positif dan negatif perkembangan teknologi, terutama sikap konsumen pada saat online shopping. Tahun 2018 jumlah penetrasi pengguna internet di Indonesia mencapai 171,17 juta orang atau setara dengan 64,8% dari 264,16 juta orang total populasi penduduk Indonesia. Namun sayangnya, tingkat kenaikan belanja online tidak benar-benar berkorelasi dengan tingkat kenaikan pengguna secara online, terlebih produk perikanan. Padahal melalui teknologi internet, masyarakat mampu meningkatkan mobilitas untuk melakukan transaksi, berkomunikasi, eksplorasi dan mendapatkan informasi produk yang berbeda dari mana saja, kapan saja di mana ada akses Internet. Selain itu, dengan berkembangnya teknologi akan mampu memenuhi harapan dalam peningkatan konsumsi ikan secara signifikan di lingkup nasional. Berawal dari fenomena tersebut, penelitian ini berpotensi untuk dikembangkan dan mendorong peneliti fokus melakukan penelitian tentang sikap konsumen terhadap pembelian produk perikanan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi sikap konsumen terhadap pembelian produk perikanan di e-commerce Tokopedia.com. Penelitian ini berlandaskan Theory of Reasoned Action (TRA) dan Theory of Planned Behavior (TPB) dengan goals yaitu attitude toward online shopping. Penelitian ini mengembangkan penelitian dari (Akroush dan Al-Debei, 2015) yang memiliki dasar penelitian yaitu teori TRA dan TPB. Penambahan konstruksi variabel yaitu variabel e-WOM dengan menghubungkannya terhadap attitude toward online shopping yang dimediasi oleh trust. Kemudian menambahkan indikator keamanan pada variabel relative advantage dan menambahkan indikator website reputation pada variabel website image. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan menggunakan metode penelitian survei dan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini diambil dari pengguna e-commerce di Indonesia. Pada penelitian ini belum diketahui jumlah populasinya atau disebut populasi infinit. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non probability sampling. Jenis teknik non probabilitiy sampling yang digunakan adalah teknik incidental sampling. Penelitian ini menggunakan e-commerce sebagai tempat mengambil sampel yaitu Tokopedia.com. E-commerce adalah bisnis melalui media elektronik yang fokus pada transaksi bisnis menggunakan jasa, jaringan internet sebagai media pertukaran barang atau baik antara dua institusi atau organisasi maupun antara institusi dengan konsumen. Pemilihan sampel responden dilihat berdasarkan pengalaman responden yang mengetahui atau pernah berbelanja produk perikanan dengan menggunakan media e-commerce Tokopedia.com. Metode pengambilan data pada penelitian ini yaitu menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Adapun analisis data yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Modelling) dengan pendekatan WarpPLS.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dimana nilai p-value lebih kecil dari 0.1. Nilai p-value dengan alpha (0,1) dan tingkat signifikansi 10%. Taraf nyata 10% dirasa peneliti sudah cukup baik untuk data sikap konsumen terhadap pembelian produk perikanan (Nurfitasari, et al., 2017). Hubungan signifikan tersebut antara lain Relative advantage terhadap trust dengan nilai koefisiensi jalur yaitu 0.654 dan p-value <0.001, Relative advantage terhadap website image dengan nilai koefisiensi jalur yaitu 0.706 dan p-value <0.001, e-WOM terhadap trust dengan nilai koefisiensi jalur yaitu 0.283 dan p-value <0.001, Website Image terhadap Attitude Towards Online Shopping dengan nilai koefisiensi jalur yaitu 0.406 dan p-value <0.001, dan Trust terhadap Attitude Towards Online Shopping dengan nilai koefisiensi jalur yaitu 0.449 dan p-value <0.001. Sedangkan pengaruh tidak signifikan dimana nilai p-value lebih besar dari 0.1 antara lain Relative advantage terhadap Attitude Towards Online Shopping dengan koefisien jalur yaitu 0.091 dan p-value 0.156 dan e-WOM terhadap Attitude Towards Online Shopping dengan koefisien jalur 0.089 dan p-value 0.163. Penelitian ini merekonstruksi penelitian terdahulu (Akroush & Al-Debei., 2015) dengan menambahkan variabel baru e-WOM. Berdasarkan perbandingan kajian antara penelitian terdahulu dan hasil analisis penelitian ini, dapat disimpulkan adanya beberapa temuan baru. Temuan baru tersebut dimana belum ditemukan penelitian sejenis pada bidang online shopping khususnya Tokopedia yang membahas tentang Variabel Relative Advantage, e-WOM, dan Website Image. Temuan baru yang dimaksud yaitu: (1) e-WOM berpengaruh tidak signifikan terhadap Attitude towards online shopping, (2) e-WOM berpengaruh signifikan terhadap Attitude towards online shopping melalui trust, (3) relative Advantage berpengaruh tidak signifikan terhadap Attitude Towards Online Shopping, dan (4) website image berpengaruh signifikan terhadap Attitude Towards Online Shopping. Dari 7 hubungan yang signifikan dan diterima, kedudukannya dengan teori yaitu memperluas dan mengembangkan TRA dan TPB. Sedangkan kedudukannya dengan penelitian terdahulu yaitu memperluas berlakunya hasil penelitian terdahulu. Dari 2 hubungan yang tidak signifikan dan ditolak, kedudukannya dengan penelitian terdahulu yaitu hasil penelitian terdahulu dengan penelitian ini berbeda. Akan tetapi penelitian terdahulu tetap berlaku dan diperoleh konsep baru. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dan kontribusi praktis. Kontribusi teoritis berkaitan dengan pengembangan model sikap pada teori perilaku konsumen (TRA & TPB) yang diterapkan pada pembelian online produk perikanan. Sedangkan kontribusi praktis terkait dengan strategi dan kebijakan pemerintah dalam mendorong Attitude Towards Online Shopping konsumen yang baik. Saran yang dapat diberikan peneliti dapat dibagi menjadi 3 yaitu saran untuk penelitian selanjutnya dan saran untuk pihak Tokopedia serta Pemerintah. Bagi penelitian selanjutnya sebaiknya dapat ditambahkan jumlah respondennya supaya bisa lebih mewakili populasi dan lebih representative. Bagi Tokopedia sebaiknya lebih mengekspos langkah-langkah dan usaha nyata yang progresif agar selalu memuaskan konsumen dan menjadkan Tokopedia sebagai e-commerce pilihan yang layak untuk dikunjungi situsnya. Bagi pemerintah sebaiknya dapat menjadikan peran Trust dalam menentukan sikap konsumen untuk melakukan pembelian di e-commerce. Hal ini dapat dimanfaatkan sebagai pertimbangan dan landasan bagi pemerintah sebagai regulator dan administrator terkait dengan upaya untuk meyakinkan masyarakat untuk berani berbelanja online.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520080132
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 20 Feb 2021 07:10
Last Modified: 17 Apr 2023 03:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/182562
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Fadhilah Luthfi (2).pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item