Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Aplikasi Go-Food (Studi Kasus Pada Mahasiswa Brawijaya)

Wawi, Polanko Wicaksono (2020) Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Aplikasi Go-Food (Studi Kasus Pada Mahasiswa Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat pesat di era globalisasi saat ini telah memberikan banyak manfaat dalam kemajuan diberbagai aspek informasi. Perkembangan zaman yang semakin modern, membuat pengguna teknologi semakin kreatif dan inovatif menciptakan bisnis baru. Pada segi infrastruktur yang menyokong pertumbuhan bisnis online dapat di pengaruhi dari perilaku konsumen dengan penggunaan smartphone atau gadget. Perusahan Go-Jek menyediakan layanan food delivery berbasis online, hadirnya layanan Go-Food memudahkan pengguna aplikasi dalam pemesanan makanan kapanpun dan dimanapun termasuk masyarakat di Kota Malang. Strategi promosi diskon dari Go-Jek dapat mempengaruhi tingkat konsumtif dari pengunanya sehingga perlu dilakukan penelitian tentang pengaruh diskon terhadap keputusan pembelian melalui aplikasi Go-Food. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan di Universitas Brawijaya pada tanggal 1 Oktober 2019 – 25 Oktober 2019. Tujuan pada penelitian ini adalah menjelaskan karakterisitik konsumen dalam pemesanan makanan melalui aplikasi Go-Food dan diskon harga yang mempengaruhi keputusan pembelian melalui aplikasi Go-Food. Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah dengan diketahuinya karakterisitik konsumen dan tingkat keputusan pembelian konsumen dapat menjadi masukan bagi PT. Go-Jek Indonesia dalam meningkatkan strategi promosi terhadap konsumen agar mampu menghadapi persaingan dengan maraknya jasa transportasi online sekarang. Total sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 230 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei yaitu dilakukan kunjungan untuk pengumpulan data responden dengan menggunakan kuisioner untuk diolah menjadi suatu hasil analisis data. Penentuan responden yaitu peneliti secara sengaja menggunakan pertimbangan tertentu dalam memilih informasi. Hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa pada uji validitas nilai r hitung > r tabel (0,1294) artinya setiap indikator variabel adalah valid. Uji reliabilitas memiliki nilai alpha cronbach untuk semua variabel > 0,6 sehingga semua variabel yang digunakan untuk penelitian ini yaitu reliabel. Berdasarkan hasil dari analisis faktor, maka terbentuk 3 faktor dari 12 variabel diskon yang mempengaruhi keputusan pembelian melalui aplikasi Go-Food. Faktor pertama adalah diskon dengan minimal pembelian dan diskon potongan langsung, faktor kedua yaitu diskon voucher, faktor ketiga adalah diskon hari besar dan persen. Hasil nilai Kaiser–Meyer-Olkin (KMO), semua variabel > 0,50 (KMO > 0,50) maka nilai tersebut adalah signifikan. Berdasarkan uji asumsi klasik, hasil setiap uji sudah memenuhi syarat sehingga dapat dilanjutkan uji regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda, indeks diskon voucher, indeks diskon hari besar dan persen, serta jenis kelamin memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian melalui aplikasi Go-Food. Didapatkan persamaan regresi Y = 3,635 + 0, 356 F2+ 0,543 F3+ 0,245 A1 . Diperoleh nilai R Square sebesar 0,614 yang artinya keputusan pembelian melalui aplikasi Go-Food dipengaruhi oleh tiga indeks yaitu sebesar 61,4% sementara sisanya adalah sebesar 38,6% dipengaruhi oleh indeks lain diluar penelitian ini. Hasil perhitungan nilai F hitung > F tabel yaitu 43,913 > 1,98 atau nilai Sig. F (0,000) <

English Abstract

This research was conducted at Brawijaya University. The research objective was to determined the characteristics of consumers in bought food at Go-Food and finding the factors that affected purchasing decisions. 230 consumers were selected by purposive sampling method. Data were collected October 1, 2019 - October 25, 2019. Primary data were collected by a method survey used questionnaire structuring to consumers, and the data were analyzed using factors and multiple regression analysis. Results of this research were first, characteristics of consumers who purchased decision on the Go-Food applications were women between 19-20 years old with college students and had income range from IDR 1,000,000 - IDR 1,999,999. The purchased decision was shown by the consumers most important perception was the purchased decision because of the discounted product, the second consideration was in line with the discounted price, and the last consideration was ease of transaction on the Go-Food Application. Purchased decisions on the Go-Food Application were ‘Big Day Discount and Percent Discount’, ‘Voucher Discount’ and ‘Gender’ were significant purchased decisions and improved purchased decisions in the Go-Food application.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520050112
Uncontrolled Keywords: E-Commerce, big day discount and percent discount, voucher discount, gender
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.872 Telemarketing and direct marketing
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 Feb 2021 04:09
Last Modified: 03 Feb 2021 04:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/182483
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item