Penyimpanan Karbon pada Ekosistem Mangrove di Pesisir Jawa Timur: Metode Estimasi, Sumber Penyimpanan Karbon dan Distribusinya.

Putra, Eky Erwanto (2020) Penyimpanan Karbon pada Ekosistem Mangrove di Pesisir Jawa Timur: Metode Estimasi, Sumber Penyimpanan Karbon dan Distribusinya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kegiatan manusia dalam merusak hutan menyumbang emisi karbondioksida secara global. Hal ini menimbulkan karbondioksida yang berlebihan di udara sehingga memicu terjadinya pemanasan global. Padahal hutan memiliki kemampuan dalam menyerap karbondioksida di udara. Salah satu tipe hutan yang memiliki kemampuan menyerap karboondioksida di udara adalah ekosistem hutan mangrove. Hutan mangrove memiliki kemampuan lebih baik jika dibandingkan dengan tipe hutan lainnya dalam meneyerap karbondioksida di udara. Penelitian teoritis dan penelitian empiris terdahulu telah meneliti aspek teknis dan batasan dalam beberapa metode perhitungan stok karbon, namun informasi menyeluruh mengenai metode yang ada pada perhitungan estimasi biomassa di berbagai kolam karbon dalam ekosistem mangrove masih sedikit. Provinsi Jawa Timur sebagai fokus artikel review ini belum memiliki data pasti mengenai jumlah dan persebaran stok karbon pada mangrove. Berdasarkan permasalahan tersebut maka artikel review ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai perhitungan estimasi karbon pada berbagai kolam karbon, menganalisis metode yang ada untuk memberikan pemahaman yang lebih baik dalam memilih metode yang paling baik untuk mengukur stok karbon yang didasari dari kelebihan dan kekurangan masing-masing metode dan mengetahui distribusi stok karbon hutan mangrove di pesisir Jawa Timur. Metode yang digunakan dalam menulis laporan artikel review ini adalah traditional review. Traditional review merupakan metode yang digunakan untuk mengulas suatu jurnal dengan mengeksplorasi suatu ide atau gagasan berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki oleh seorang penulis. Terdapat 20 jurnal acuan dan beberapa jurnal lainnya yang digunakan sebagai data penulisan review artikel ini. Hasil yang didapatkan dari artikel review ini yang pertama adalah kondisi hutan mangrove di Indonesia merupakan hutan mangrove terbesar di dunia. Kedua, hutan mangrove dapat menyerap karbon di udara sebesar 956 Mg C ha-1. Ketiga, mangrove menyerap karbon dan disimpan dalam beberapa subsistem yang disebut sebagai kolam karbon. Kolam karbon tersebut adalah biomassa atas permukaan, biomassa bawah permukaan, kayu mati, serasah dan bahan organik tanah. Keempat, perhitungan langsung secara destructive, perhitungan langsung secara non-destructive dan perhitungan tidak langsung menggunakan penginderaan jauh merupakan perhitungan yang dapat dilakukan untuk mengetahui stok karbon pada hutan mangrove. Kelima, Provinsi Jawa Timur memiliki luas hutan mangrove sebesar 18.253 ha, dengan simpanan karbon paling tinggi pada provinsi Jawa Timur terdapat pada daerah Pancer Cengkrong, Trenggalek sebesar 185,81 ton/ha. Saran yang dapat diberikan pada artikel review ini adalah perlu adanya penelitian lebih lanjut dalam menentukan metode yang digunakan dalam perhitungan pengukuran stok karbon.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520080117
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 577 Ecology > 577.6 Aquatic ecology > 577.69 Saltwater wetland and seashore ecology > 577.698 Mangrove swamp ecology
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 20 Feb 2021 07:09
Last Modified: 17 Apr 2023 03:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/182469
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Skripsi Eky Erwanto Putra_165080100111046 - EKY ERWANTO PUTRA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item