Wirantama, Yoga (2020) The Study On Mobile Banking Application Use: One Perspective Of Utaut2. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ekspektasi kinerja (performance expectancy), ekspektasi usaha (effort expectancy), sosial (social influence), kondisi yang memfasilitasi (facilitating conditions), motivasi hedonis (hedonic motivation), nilai harga (price value) dan kebiasaan (habit) terhadap niat perilaku. untuk menguji pengaruh kebiasaan (habit), persepsi resiko (risk) dan niat perilaku (behavioral intention) terhadap perilaku penggunaan M-banking. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Aktif Strata Satu Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Brawijaya (UB) yaitu sekitar 3.000 orang dengan jumlah sampel sebanyak 364. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan ekspektasi kinerja (performance expectancy), ekspektasi usaha (effort expectancy), kondisi yang memfasilitasi (facilitating conditions), dan kebiasaan (habit) terhadap niat perilaku. Adapun sosial (social influence), motivasi hedonis (hedonic motivation) dan nilai harga (price value) secara langsung dan tidak signifikan terhadap niat perilaku. Hasil analisis dapat diketahui bahwa kebiasaan (habit) secara langsung dan tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku penggunaan M-banking sedangkan persepsi resiko (risk) dan niat perilaku (behavioral intention) secara langsung dan signifikan berpengaruh terhadap perilaku penggunaan M-banking. Hasil uji moderasi menunjukkan bahwa usia tidak memperkuat pengaruh eskpektasi kinerja, ekspektasi usaha, sosial, kondisi yang memfasilitasi, motivasi hedonis, nilai harga dan kebiasaan terhadap niat perilaku dalam menggunakan mbanking. Jenis kelamin tidak memperkuat pengaruh eskpektasi kinerja, ekspektasi usaha, sosial, kondisi yang memfasilitasi, motivasi hedonis dan nilai harga terhadap niat perilaku dalam menggunakan m-banking. Namun demikian jenis kelamin memperkuat pengaruh kebiasaan terhadap niat perilaku dalam menggunakan mbanking. Pengalaman tidak memperkuat pengaruh, sosial, kondisi yang memfasilitasi, motivasi hedonis, dan kebiasaan terhadap niat perilaku dalam menggunakan m-banking. Namun demikian jenis pengalaman memperkuat pengaruh ekspektasi usaha terhadap niat perilaku dalam menggunakan m-banking.
English Abstract
This study aims to examine the effect of performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, hedonic motivation, price value and habits on behavioural intentions. It examined the effect of habit, risk and behavioural intention on the behaviour of using m-banking. The method used in this study was descriptive analysis with quantitative approache. The population of the study were active students of the University of Brawijaya (UB) Faculty of Economics and Business (FEB) of around 3,000 people with a total sample of 364. Data analysis techniques used was path analysis. The results of this study indicate that there is a direct and significant influence on performance expectancy, effort expectancy, facilitating conditions, and habits on behavioural intentions. As for social influence, hedonic motivation and price value directly and not significantly affect behavioural intentions. The results of the study show that the habit directly and does not significantly influence the behaviour of m-banking use while the risk and behavioural intention directly and significantly influence the behaviour of m-banking use. The moderation test results show that age does not strengthen the influence of performance expectations, effort expectations, social influence that facilitate, hedonic motivation, price values and habits of behavioural intentions in using m-banking. Gender does not reinforce the influence of performance expectations, effort expectations, social influence, facilitating conditions, hedonic motivation and price values on behavioural intentions in using m-banking. However, gender strengthens the influence of habits on behavioural intentions in using m-banking. Experience does not reinforce the influence of social influence, facilitating conditions, hedonic motivation, and habits on behavioural intentions in using m-banking. However, experience strengthens the influence of effort expectations on behavioural intentions in using m-banking.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520020003 |
Uncontrolled Keywords: | Niat Perilaku, Niat Penggunaan Mobile Banking dan UTAUT2, Behavior Intentions, Intentions to Use Mobile Banking and UTAUT2 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 03 Feb 2021 12:25 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 02:29 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/182451 |
Text
Yoga Wirantama.pdf Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |