Peran Modal Sosial Dalam Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Sebagai Upaya Mewujudkan Kemandirian Ekonomi Desa (Studi pada BUM Desa Kerto Raharjo, Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang)

Basalama, Ziyat (2020) Peran Modal Sosial Dalam Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Sebagai Upaya Mewujudkan Kemandirian Ekonomi Desa (Studi pada BUM Desa Kerto Raharjo, Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sebagai sebuah lembaga, BUM Desa memiliki fungsi sebagai lembaga sosial serta lembaga komersial. Sebagai sebuah lembaga sosial, seluruh hasil akhir yang dihasilkan melalui BUM Desa ditujukan kepada kepentingan masyarakat melalui kontribusinya dalam penyediaan berbagai kebutuhan serta pelayanan sosial. Sedangkan sebagai sebuah lembaga komersial BUM Desa bersifat orientasi keuntungan (profit oriented) melalui mekanisme pengelolaan potensi desa sebagai sumber daya yang dipertukarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran modal sosial dalam pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa), unsur-unsur modal sosial yang dominan, serta faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaannya dengan studi kasus pada BUM Desa Kerto Raharjo, Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan didukung data kuantitatif (mix method). Hasil dari penelitian ini adalah pertama, peran modal sosial dalam pengelolaan BUM Desa Kerto Raharjo meliputi tiga unsur yaitu jaringan sosial, kepercayaan serta norma dan sanksi. Kedua, unsur modal sosial yang dominan dalam BUM Desa Kerto Raharjo untuk unsur jaringan adalah kesukarelaan mempromosikan Bum Desa, unsur kepercayaan yang dominan adalah kepercayaan terhadap keberadaan Bum Desa Kerto Raharjo, serta unsur modal sosial yang dominan pada norma dan sanksi adalah kesedian diberikan sanksi apabila melanggar aturan atau norma yang berlaku, Ketiga, Faktor pendukung dalam pengelolaan BUM Desa Kerto Raharjo adalah partisipasi masyarakat pada bum desa kerto raharjo dan dukungan pemerintah. sedangkan faktor penghambat dalam pengelolaan bum desa kerto raharjo antara lain masih adanya kecemburuan sosial dan kurangnya pemahaman beberapa SDM tentang desa wisata.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520020002
Uncontrolled Keywords: Modal Sosial, Pengelolaan, BUM Desa, Kemandirian Ekonomi Desa
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.3 Social interaction within groups
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 03 Feb 2021 12:09
Last Modified: 17 Apr 2023 06:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/182391
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
ZIYAT BASALAMA ok.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item