Perancangan Proses Bisnis Pada Pelayanan Rumah Sakit Universitas Brawijaya dengan Pendekan Business Process Reengineering (BPR)

Audianti, Annisa Yossi (2020) Perancangan Proses Bisnis Pada Pelayanan Rumah Sakit Universitas Brawijaya dengan Pendekan Business Process Reengineering (BPR). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kesehatan merupakan hal yang penting dalam kehidupan manusia. Begitupun lembaga pelayanan kesehatan sebagai instansi yang memiliki peranan yang sangat penting dalam pembangunan kesehatan masyarakat. Hal ini disebabkan karena Lembaga pelayanan kesehatan merupakan salah satu pilar utama yang diperlukan dalam pembangunan kesehatan masyarakat. Rumah Sakit Universitas Brawijaya merupakan salah satu rumah sakit di bawah naungan Universitas Braijaya yang terletak pada Jalan Soekarno-Hatta Malang. Rumah Sakit Universitas Brawijaya memiliki tiga layanan yakni Inslasi Gawat Darurat (IGD), Rawat Jalan dan Rawat Inap. Rumah sakit merupakan layanan yang menghasilkan jasa, maka masalah selalu mungkin terjadi dan dapat menimbulkan keluhan dari customer Rumah Sakit Universitas Brawijaya. Keluhan pasien dapat berupa ketidakpuasan pasien yang berobat rawat jalan di Rumah Sakit Universitas Brawijaya dapat berupa lisan maupun yang tertulis. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kembali pelayanan rawat jalan di Rumah Sakit Universitas Brawijaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan Business Process Reengineering (BPR) dengan menggunakan data observasi waktu pelayanan pada proses rawat Jalan yang dicatat pada peta aliran proses. Kemudian menggambarkan alur menggunakan Business Process Modelling Notation (BPMN). Langkah pertama pada penelitian ini adalah melakukan observasi awal, wawancara dan merekap keluhan pasien pada ulasan Rumah Sakit Universitas Brawijaya. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan melakukan pengamatan waktu terhadap 30 orang pasien dan menghitung waktu efisiensi pada proses rawat Jalan Rumah Sakit Universitas Brawijaya. Setelah itu digambarkan pula interrelationship diagram, spaghetti diagram, dan pareto diagram yang menunjukkan permasalahan dalam delay proses rawat jalan. Setelah menggambarkan proses rawat jalan kemudian dihitung waktu efisiensi dan didapatkan hasilnya yakni 12,2% dengan total waktu rata-rata 4 jam 14 menit 46 detik. Berdasarkan permasalahan yang didapatkan maka dibuat rekomendasi perbaikan berupa sistem terintegrasi untuk menghubungkan setiap proses rawat jalan yang menggunakan computer. Rekomendasi yang kedua adalah berupa system pendaftaran berbasis online yaitu RSUB mobile yang memudahkan pasien dalam melakukan pendaftaran dan mengurangi waktu tunggu di Rumah Sakit. Rekomendasi yang ketiga adalah adanya fasilitas mesin fotokopi di dalam Rumah Sakit Universitas Brawijaya untuk memudahkan pasien apabila ada berkas yang harus dilengkapi. Rekomendasi yang keempat adalah adanya pihak ketiga untuk pengantaran obat. Pada perancangan proses bisnis baru terjadi peningkatan waktu efisiensi yang semula 12,2 menjadi 50,79%.

English Abstract

Health is an important thing in human life. Likewise, health services institutions as institutions that have a very important role in the development of public health. This is because the Health Service Institute is one of the main pillars necessary in public health development. Brawijaya University Hospital is one of the hospitals under the auspices of Braijaya University which is located on Jalan Soekarno-Hatta Malang. Brawijaya University Hospital has three services there is Emergency inslation (IGD), outpatient and inpatient. Hospital is a service that produces services, then problems are always possible and can pose complaints from the customer of Brawijaya University Hospital. Patient complaints can be the dissatisfaction of patients who are hospitalized in Brawijaya University Hospital can be both oral and written. This Notation (BPMN). The first step in the study was to make an early observation, interview and remark the patient's complaint on Brawijaya University Hospital reviews. Then proceed to perform the time observation on 30 patients and calculate the time of efficiency in the outpatient process of Universitas Brawijaya Hospital. After that, also illustrated interrelationship diagram, Spaghetti diagram, and Pareto diagram that shows research was conducted to improve the outpatient service at Brawijaya University Hospital. This research uses the Business Process Reengineering (BPR) approach by using time observation data on an outpatient process that is recorded on a process flow map. Then describe the flow using Business Process Modelling problems in the outpatient delay process. After describing the outpatient process then the result of efficiency time was 12.2% with an average total time of 4 hours 14 minutes 46 seconds. Based on the problems obtained, recommendations for improvement are made in the form of an integrated system to connect each outpatient process using a computer. The second recommendation is in the form of an online-based registration system that is RSUB Mobile which makes it easy for patients to register and reduces waiting times at the hospital. The third recommendation is the existence of a photocopier facility in Universitas Brawijaya Hospital to make it easier for patients if there are files that must be completed. The fourth recommendation is the existence of a third party for drug delivery. In the design of new business processes, there was an increase in efficiency time, which was originally 12.2 to 50.79%.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520070058
Uncontrolled Keywords: Rumah Sakit Universitas Brawijaya, Business Process Reengineering, Business Process Modelling Notation, waktu proses, keluhan pelanggan. , Brawijaya University Hospital, Business Process Reengineering, Business Process Modelling Notation, processing time, customer complaints.
Subjects: 300 Social sciences > 362 Social problems of and services to groups of people > 362.1 People with physical illnesses > 362.12 Clinics and related institutions
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Bambang Septiawan
Date Deposited: 03 Feb 2021 06:58
Last Modified: 11 Jan 2023 01:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/182261
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Annisa Yossi Audianti.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item