Ekstraksi, Karakteristik dan Aplikasi Kolagen dari Limbah Hasil Perikanan

Ariefin, Bagus Triawan Miftahul (2020) Ekstraksi, Karakteristik dan Aplikasi Kolagen dari Limbah Hasil Perikanan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kolagen merupakan protein dengan struktur berserat yang merupakan komponen utama matriks ekstraseluler suatu organisme hidup yang berjumlah 25-30% dari total protein dan berperan penting dalam menjaga integritas struktur biologis beberapa jaringan. Kolagen saat ini sudah diklasifikasikan menjadi XXVIII jenis atau tipe yang terbagi menjadi 8 family. Sumber yang paling aman untuk produksi kolagen saat ini adalah kolagen hasil laut, hal ini sudah ditetapkan sebagai GRAS (Generally Recognized as Safe) oleh FDA. Kolagen hasil laut bisa didapatkan limbah hasil perikanan (tulang, sisik, sirip, kulit, dan gelembung renang) dan hewan invertebrata. Keunggulan kolagen yaitu mudah diserap dalam tubuh, sifat antigenitas yang rendah, afinitas air tinggi, tidak beracun, biocompatible dan biodegradable. Ekstraksi kolagen dapat dilakukan dengan tiga (3) perlakuan, yaitu acid soluble collagen (ASC), pepsin soluble collagen (PSC), dan ultrasound. Kolagen dari limbah hasil perikanan dapat diterapkan diberbagai macam aplikasi, seperti bidang biomedis, farmasi, kosmetik, dan pangan. Sampai saat ini, berbagai sifat kolagen telah diselidiki lebih lanjut dengan berbagai cara untuk dapat dibuat menjadi beragam aplikasi. Tujuan dari review artikel yaitu untuk membandingkan dan memberikan penjelasan berbagai penelitian tentang kolagen dari limbah hasil perikanan dengan beragam cara perlakuan untuk pengembangan ilmiah dan teknologi, menekankan peluang, dan tantangan yang ada. Sehingga kedepannya dapat dikembangkan menjadi sumber alternatif kolagen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520080062
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety > 613.2 Dietetics > 613.28 Specific nutritive elements > 613.282 Proteins
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 20 Feb 2021 07:08
Last Modified: 18 Apr 2023 01:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/182220
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Skripsi_Bagus Triawan Miftahul Ariefin_165080300111003 - BAGUS TRIAWAN MIFTAHUL ARIEFIN.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item