Analisis Usability pada Visual Display Informasi Stasiun MRT Jakarta dengan Pendekatan Usability Testing

Choirunnisak, Ananda Putri (2020) Analisis Usability pada Visual Display Informasi Stasiun MRT Jakarta dengan Pendekatan Usability Testing. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT MRT Jakarta (Mass Rapid Transit Jakarta) merupakan salah satu perusahaan di bidang transportasi transit cepat yaitu kereta rel listrik. MRT Jakarta terdiri dari 13 stasiun yang tersebar di Jakarta. Pada setiap stasiunnya sudah mengutamakan kenyamanan dan keamanan bagi user, namun masih ada beberapa user yang mengeluh terkait visual display informasi yang tertera di stasiun MRT Jakarta. Khususnya pada visual display informasi yang berupa papan informasi layanan. Papan informasi layanan ini merupakan visual display informasi offline yang berada pada setiap stasiun MRT Jakarta. Berdasarkan hasil kuesioner yang telah disebar, dapat diketahui bahwa waktu yang dibutuhkan untuk memahami setiap visual display informasi yang ada cukup lama. Hal ini dapat ditinjau dari struktur menu, petunjuk arah dan keragaman jenisnya. Oleh karena itu, permasalahan terkait usability yang ada visual display informasi di stasiun MRT Jakarta perlu dilakukan pengkajian terkait tingkat usability. Untuk pengkajian lebih lanjut diperlukan feedback dari user visual display informasi di stasiun MRT Jakarta dan data yang menunjang untuk proses analisis dari permasalah tersebut, diantaranya tingkat kemudahan, tingkat efisiensi, tingkat kesalahan dan tingkat kepuasan pengguna. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada yaitu menggunakan Usability Testing dan Kuesioner System Usability Scale (SUS). Usability testing ini menggunakan user experience sebagai data yang mendukung (based on user). Data yang dikumpulkan yaitu terdapat 4 aspek yang diukur, yaitu learnability, efficiency, errors, satisfaction. Dari 4 aspek tersebut terdapat 4 data yang diambil, yaitu jumlah kesuksesan penuh dan parsial saat tugas diberikan untuk perhitungan success rate pada aspek learnability, waktu pengerjaan tugas untuk perhitungan time based efficiency pada aspek efficiency, total defects dan total opportunities untuk perhitungan error rate pada aspek errors dan skor kuesioner SUS pada aspek satisfaction. Pada setiap aspek yang dihitung memiliki 14 objek/jenis visual display informasi dari 2 stasiun yang diteliti. Dimana jenis visual display informasi ini berdasarkan keterangan yang tertera pada visual display informasi tersebut. Lalu dilakukan analisis terkait hasil observasi dan evaluasi user. Hasil yang didapatkan yaitu pada aspek learnability terdapat 1 visual display informasi yang success rate nya kurang dari 78%. Sedangkan pada aspek satisfaction terdapat 7 visual display informasi yang skor SUS nya kurang dari 65. Setelah itu dilakukan perbaikan untuk redesign visual display informasi di MRT Jakarta dari permasalahan yang ada. Perbaikan yang dilakukan yaitu dengan menerjemahkan permasalahan yang ada ke desain interface dari visual display informasi yang bermasalah berdasarkan user experience. Pada tahap terakhir yaitu dilakukan estimasi perbaikan dengan melakukan pengujian kembali terkait hasil desain interface yang ada guna untuk mengetahui tanggapan dari user dan membandingkan antara desain interface yang lama dengan yang baru.

English Abstract

PT MRT Jakarta (Mass Rapid Transit Jakarta) is one of the companies in the field of fast transit transportation, namely electric railroad. Jakarta MRT consists of 13 stations spread across Jakarta. At each station has prioritized comfort and security for users, but there are still some users who complain about the information visual display listed on the Jakarta MRT station. Especially in the information visual display in the form of a service information board. This service information board is an offline information visual display located at every Jakarta MRT station.Based on the results of the questionnaire that has been distributed, it can be seen that the time needed to understand each information visual display is quite long. This can be viewed from the menu structure, directions, and diversity of types. Therefore, issues related to the usability of existing information visual display at Jakarta MRT stations need to be assessed in terms of usability levels. For further assessment, it is needed feedback from the user of the information visual display at the Jakarta MRT station and supporting data for the analysis of the problem, including the level of ease, level of efficiency, level of error, and the level of user satisfaction. The method used to solve existing problems is using the Usability Testing and System Usability Scale (SUS) Questionnaire. This usability testing uses user experience as supporting data (based on usage). The data collected is that there are 4 aspects measured, namely learnability, efficiency, errors, satisfaction. From these 4 aspects, there are 4 data taken, namely the number of full and partial successes when the task is given for the calculation of success rate in the learnability aspect, the time for the task to calculate the time-based efficiency in the aspect of efficiency, total defects and total opportunities for error rate calculation errors and SUS questionnaire scores on the satisfaction aspect. In each aspect counted has 14 objects/types of information visual displays from the 2 stations studied. Where the type of information visual display is based on the information contained in the information visual display. Then an analysis related to the results of user observation and evaluation. The results obtained are in the aspect of learnability there is 1 information visual display whose success rate is less than 78%. While in the aspect of satisfaction there are 7 information visual displays whose SUS score is less than 65.After that, improvements were made to redesign the information visual display in the Jakarta MRT from the existing problems. Improvements made are by translating existing problems into the interface design of the problematic information visual display based on user experience. In the last stage, the estimation of improvements is carried out by re-testing the results of the existing interface design in order to determine the response of the user and compare the old interface design with the new one.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520070046
Uncontrolled Keywords: MRT Jakarta, Visual Display Informasi, Usability Testing, System Usability Scale (SUS), User Experience dan Interface. , Jakarta MRT, Information Visual Displays, Usability Testing, System Usability Scale (SUS), User Experience and Interface.
Subjects: 300 Social sciences > 385 Railroad transportation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Bambang Septiawan
Date Deposited: 01 Feb 2021 20:47
Last Modified: 01 Feb 2021 20:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/182207
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item