Fitriani, Ayu Gita (2020) Studi Variasi Komposisi Filler Komposit Berbahan Bonggol Jagung Dan Alumunium Menggunakan Metode Hot Press Untuk Aplikasi Kampas Rem. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pada kendaraan bermotor, sistem pengereman merupakan salah satu bagian kritis dari keamanan yang paling mendaar karena tujuan utamanya adalah untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraan. Bahas asbestos banyak digunakan sebagai bahan dasar kampas rem karena memiliki properti fisik yang baik. Namun, karena alasan kesehatan, kampas rem asbestos saat ini tidak banyak diminati sehingga banyak dilakukan pengembangan bahan alternatif untuk kampas rem non-asbestos. Penelitian ini bertujuan untuk membuat komposit kampas rem berpenguat bonggol jagung, mengetahui pengaruh penambahan komposisi filler bonggol jagung terhadap sifat mekanik komposit kampas rem. Terdapat tiga variasi berbeda massa filler bonggol jagung dan alumunium yang disiapkan yaitu 1:1, 2:1, dan 5:1. Pada penelitian ini bonggol jagung diberi perlakuan NaOH dengan tujuan untuk mengurangi kandungan lignin. Pembuatan komposit untuk bahan kampas rem menggunakan metode hot press dengan diberikan gaya tekan sebesar 100 bar selama 10 menit pada suhu 100℃. Hasil pengujian menunjukkan komposisi massa filler terbaik pada variasi 1:1 dengan perlakuan NaOH dengan nilai keausan sebesar 1,845x10-3 mm3/Nm, densitas sebesar 1,25 g/cm3, daya serap air sebesar 2,75%, dan daya serap minyak pelumas sebesar 2,52%. Namun hasil yang diperoleh pada penelitian ini masih jauh dari nilai standar kampas rem konvensional.
English Abstract
In motorized vehicles, the braking system is one of the most critical parts of safety. Brake pad functions to slow down or stop the vehicle's speed. Asbestos material is widely used as a basis for brake pad because it has a good physical property. However, asbestos brake pads began to be abandoned because the dust produced is carcinogenic. This study aimed to make a corn cob for brake pads composite as a substitute material for asbestos brake pads and to know the effect of adding corn cob filler composition to brake pads mechanical properties composite. There are three different variations of the corn cob and aluminium filler mass used, namely 1:1, 2:1, and 5:1. In this study, corn cobs were given NaOH treatment aimed to reduce the lignin content. The composites for brake pad materials made using the hot press method with a compressive force of 100 bar for 10 minutes at 100℃. The test results showed the filler mass composition best at a variation of 1:1 with NaOH treatment with a wear value of 1,85x10-3 mm3/ Nm, a density of 1,25 g/cm3, water absorption of 2,75%, and oil absorption by 2,52%. However, the results obtained in this study are still far from the standard value of conventional brake pads.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520090025 |
Uncontrolled Keywords: | komposit, bonggol jagung, alumunium, hot press, sifat mekanik |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 553 Economic geology > 553.6 Other economic materials |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Depositing User: | ismanto |
Date Deposited: | 30 Jan 2021 14:37 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 08:35 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/182102 |
Text
Ayu Gita Fitriani.pdf Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |