Proyek Bantuan Luar Negeri, Partisipasi Masyarakat, Dan Tata Kelola Irigasi (Studi Kasus: Implementasi Nilai Partisipasi Dalam Tata Kelola Irigasi Desa Sumberpucung Pasca Participatory Irrigation Sector Project)

Al 'Akbar, Muhammad Fandiaz (2020) Proyek Bantuan Luar Negeri, Partisipasi Masyarakat, Dan Tata Kelola Irigasi (Studi Kasus: Implementasi Nilai Partisipasi Dalam Tata Kelola Irigasi Desa Sumberpucung Pasca Participatory Irrigation Sector Project). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Partisipasi merupakan salah satu nilai global yang sangat populer di dunia pembangunan internasional khususnya dalam isu bantuan luar negeri. Partisipasi di awal kemunculannya hadir sebagai jawaban atas kritik terhadap teori pembangunan tradisional. Pembangunan di negara dunia ketiga atau berkembang membutuhkan peran serta atau keterlibatan masyarakat dalam pelaksanaan proyek dengan tujuan agar proyek tersebut efesien dan diterima oleh masyarakat. Tetapi, tidak semua bantuan luar negeri yang memakai pendekatan partisipasi menghasilkan dampak yang positif bagi resipien apalagi local context. Salah satnya terjadi di tata kelola irigasi Desa Sumberpucung, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang. Setelah proyek Participatory Irrigation Sector Project yang memakai pendekatan partisipasi ini berakhir, keadaan sosial dan teknis irigasi di Desa Sumberpucung malah stagnan bahkan tidak berkembang. Hal tersebut ditunjukkan dengan tingkat partisipasi yang rendah dalam hal tata kelola irigasi. Tingkat partisipasi yang rendah ditunjukkan dengan klasifikasi HIPPA yang masih Pemula. Menurut Cleaver, tingkat partisipasi yang rendah disebabkan adanya relasi kuasa dan struktur yang tidak jalan dan bersifat eksploitatif. Cleaver juga berpendapat bahwa rendahnya parrtisipasi dapat disebabkan faktor individu (masyarakat) itu sendiri. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan masih belum terbentuknya rung partisipasi baru bagi aktor-aktor yang bersinggungan langsung dengan tata kelola irigasi. Padahal exit strategy dari PISP ini ialah terbentuknya badan yang mengakomodasi ruang partisipasi bagi antar aktor. Temuan lainnya ialah tingkat partisipasi rendah disebabkan motivasi masyarakat yang fluktuatif, kapasitas individu yang rendah, dan masyarakat yang hanya aktif ketika terdapat insentif dalam suatu program. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan partisipasi masyarakat rendah dalam hal tata kelola irigasi disebabkan tidak adanya ruang partisipasi dan permasalahan pada masyarakatnya sendiri seperti motivasi, perilaku, dan kemampuan individu.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520110058
Uncontrolled Keywords: partisipasi, relasi kuasa, bantuan luar negeri, pembangunan, irigasi.,
Subjects: 300 Social sciences > 327 International relations > 327.1 Foreign policy and specific topics in international relations > 327.11 Specific means of attaining foreign policy goals > 327.111 Economic activities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 27 Jan 2021 15:59
Last Modified: 18 Apr 2023 02:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/182078
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Fandiaz Al Akbar (2).pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item