Analisis Implementasi Kebijakan Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2015 Tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) di Kabupaten Malang

Rohman, Muhamad Alfi (2020) Analisis Implementasi Kebijakan Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2015 Tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) di Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini berfokus pada sejauh mana keberhasilan dari Implementasi Peraturan Daerah No. 6 Tahun 2015 Tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) di Kabupaten Malang. Perda No. 6 Tahun 2015 lahir karena adanya kegiatan alih fungsi lahan yang tinggi dan berpotensi mengancam keberadaan lahan pertanian pangan di Kabupaten Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Analisis dalam penelitian ini didasarkan dari elaborasi teoritis implementasi kebijakan Merilee S. Grindle (1980) dan Taiwo Makinde (2005). Indikator yang digunakan dalam menganalisis sebuah kebijakan didasarkan pada isi kebijakan dan konteks implementasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah dalam implementasi Perda No. 6 Tahun 2015 belum berjalan dengan baik. Minimnya alokasi sumber daya, terdapatnya perbedaan kedudukan antar pelaksana, adanya perbedaan kepentingan antarpelaksana, tidak adanya kepatuhan dari kelompok sasaran dan rendahnya respon daya tanggap dari pelaksana, serta kurangnya koordinasi dan monitoring antar lembaga menjadi penyebab utama terhambatnya implementasi Perda No. 6 Tahun 2015. Selain pembahasan utama tersebut, dalam penelitian ini juga ditemukan faktor-faktor baru yang menghambat yakni: tidak cocoknya program dan insentif yang dirasakan kelompok sasaran, tidak terbentuknya tim khusus dalam penanganan program dan tidak adanya SOP dalam melaksanakan program LP2B.

English Abstract

This research focuses on the success of the implementation Peraturan Daerah No. 6 Tahun 2015 about Protection of Sustanaible Food Agriculture Land (LP2B) in Malang Regency. Perda No. 6 Tahun 2015 was born due to highly land conversion activities and potentially threatening existence of food agriculture land in Malang Regency. This type of research is using case study with qualitative approach. Analysis in this research according to theoretical elaboration policy implementation model by Merilee S. Grindle (1980) and Taiwo Makinde (2005). Indicators used in analyzing that policy is according to content of policy and context of implementation. Data analysis techniques used in this research is data analysis model by Miles and Huberman. The results of this research are in the implementation of Perda No. 6 Tahun 2015 had not gone well. The lack of resource allocation, differences in position between implementers, differences in interest between implementers, lack of compliance of target groups and low responsiveness of implementers, and lack of coordination and monitoring between institutions are the main causes of obstruction in the implementation of Perda No. 6 Tahun 2015. In addition to the main discussion, in this study also found new factors that inhibit, namely: incompatibility of programs and incentives felt by the target group, the formation of special teams in handling the program and the absence of SOPs in implementing the LP2B program.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520110056
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan, LP2B, Studi Kasus, Policy Implementation, LP2B, Case Study
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 320.6 Policy making
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 27 Jan 2021 15:17
Last Modified: 18 Apr 2023 02:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/182075
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhamad Alfi Rohman (2).pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item