Pengaruh Bauran Pemasaran 7p Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Di Hayaku Steamboat And Yakiniku Sigura-Gura Malang)

Pradana, Devi Kusuma (2020) Pengaruh Bauran Pemasaran 7p Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Di Hayaku Steamboat And Yakiniku Sigura-Gura Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Hayaku Steamboat and Yakiniku merupakan kuliner yang menyajikan menu Yakiniku dan Steamboat sebagai sajian utamanya. Yakiniku adalah irisan daging sapi tipis yang kemudian dimasak dengan cara dipanggang. Sedangkan steamboat merupakan makanan rebusan yang dihidangkan dengan kuah kaldu yang berisi daging sapi, bakso ikan, crab stick, sosis, tahu, sayuran, dan lain sebagainya. Hayaku memberikan pengalaman kepada setiap pengunjung untuk dapat memasak sendiri menu yang dipesan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (i) karakteristik konsumen, (ii) mengetahui penerapan bauran pemasaran 7P (product, price, place, promotion, people, process, physical evidence) , dan (iii) pengaruh bauran Pemasaran 7Ps terhadap terhadap kepuasan konsumen di Hayaku Steamboat and Yakiniku Sigura-gura Malang. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi perusahaan, dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan mengembangkan pemasaran produk dan mengaplikasikan strategi pemasaran yang sesuai dan dapat meningkatkan penjualan. Bagi pihak lain, penelitian ini dapat dijadikan referensi dan menambah wawasan. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh konsumen Hayaku Steamboat and Yakiniku Sigura-gura Malang. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 13 Januari 2020 - 13 Februari 2020 di Hayaku Steamboat and Yakiniku Sigura-gura Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan accidental sampling dengan menyebarluaskan URL google form ke berbagai media sosial seperti Whatsapp, Instagram, Twitter, dan Line serta mengambil data langsung ditempat. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji. Pada penelitian ini didapat sampel sebanyak 121 orang. Data dianalisis secara kuantitatif, meliputi uji validitas, uji reliabilitas, analisi faktor, uji asumsi klasik, dan analisis regresi berganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda, uji t, dan uji f menggunakan software SPSS IMB statistic. Berdasarkan hasil dari analisis faktor, maka terbentuk 5 faktor baru dari 28 variabel bauran pemasaran yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Faktor pertama adalah indeks Kesesuaian dan Kemudahan dari Restoran yang terdiri dari variabel rasa produk, variasi produk, akses, waktu tempuh, media promosi online, kesesuaian dengan prosedur yang ada, kemudahan saat melakukan pembayaran, desain eksterior, dan alat. Faktor kedua adalah indeks Promosi Restoran yang terdiri dari variabel lokasi, tempat parkir, frekuensi promosi online, frekuensi promosi offline, media promosi offline. Faktor ketiga adalah indeks Harga dan Pembayaran yang terdiri dari variabel penyajian produk, potongan harga, tingkat harga, pembayaran, dan membership. Faktor keempat adalah indeks Cepat Tanggap Pelayanan yang terdiri dari porsi produk, pelayanan yang cepat, waktu penyediaan produk, desain interior, dan sarana dan prasarana. Faktor kelima adalah indeks Sikap, Pelayanan, Penampilan, dan Pengetahuan Karyawan yang terdiri dari variabel sikap dan perilaku karyawan terhadap konsumen, pelayanan karyawan terhadap konsumen, penampilan karyawan, pengetahuan karyawan tentang produk yang ditawarkan. Hasil regresi berganda menunjukkan bahwa variabel independen secara bersama-sama mempengaruhi kepuasan konsumen di Hayaku Steamboat and Yakiniku Sigura-gura Malang. secara individu terdapat 3 variabel yang dapat meningkatkan kepuasan konsumen yaitu indeks Kesesuaian dan Kemudahan dari Restoran, indeks Promosi Restoran dan indeks Harga dan Pembayaran. Sedangkan variabel usia konsumen dapat menurunkan kepuasan konsumen di Hayaku Steamboat and yakiniku. Berdasarkan hasil penelitian ditarik beberapa kesimpulan Karakteristik responden konsumen Hayaku Steamboat and Yakiniku Sigura-gura Malang.mayoritas berjenis kelamin perempuan, dengan usia 21-30 tahun, tingat pendidikan sarjana, pendapatan per bulannya < Rp 3000.000,00 dan frekuensi pembelian tidak menentu Penerapan bauran pemasaran 7P’s (product, price, place, promotion, people, process, physical evidence) terbentuk menjadi 5 strategi baru yang berupa lima indeks. Indeks kesesuaian dan kemudahan dari restoran merupakan prioritas utama penerapan bauran pemasaran 7P. Indeks promosi restoran merupakan strategi utama kedua dan indeks harga dan pembayaran, indeks cepat tanggap pelayanan dan terakhir indeks sikap, pelayanan, penampilan, dan pengetahuan karyawan merupakan strategi penerapan bauran pemasaran 7P yang kurang diterima konsumen. Kepuasan konsumen dipresentasikan terutama oleh indeks kesesuaian dan kemudahan dari restoran, indeks promosi restoran, indeks harga dan pembayaran yang dapat meningkatkan kepuasan konsumen masing-masing sebesar 4,13%, 2,08% dan 3,69% sedangkan usia konsumen dapat menurunkan kepuasan konsumen sebesar 5,7% di Hayaku Steamboat and Yakiniku. Saran dalam penelitian ini diharapkan untuk meningkatkan perhatian kebutuhan konsumen dengan melakukan komunikasi yang baik untuk meningkatkan kepuasan konsumen di Hayaku Steamboat and Yakiniku.

English Abstract

This study was to investigate consumer’s characteristics, implementations of the 7Ps marketting mix (product, price, place, promotion, people, process, physical evidence), and this marketing mix influence on consumers’ satifaction towards “ Hayaku Steamboat and Yakiniku “ restaurant. Data collection was done on January 13 to February 13, 2020, Research was carried out at Hayaku Steamboat and Yakiniku Sigura-gura Malang. 121 respondents from consumers was selected by purposive sampling method and accidental sampling method. Primary data were collected by online survey using google form questionnaire and by asking directly on the spot to consumers. Seconsary data was collected by interview method addressed to assistant manager of Hayaku Steamboat and Yakiniku Sigura-gura Malang. The data were analysed by descriptive, factor, and multiple regression techniques. Results showed that consumers of Hayaku Steamboat and Yakiniku Sigura-gura Malang was represented by female, age 21 – 30 years old, with an average undergraduate education level, and less than IDR 3,000,000/month income, with uncertain frequency of buying Hayaku’s products. The application of the 7 P's marketing mix (product, price, place, promotion, people, process, physical evidence) was formed into 5 new strategies in the form of five indexes. Restaurant suitability and convenience index is the main priority in the application of the 7P marketing mix. The restaurant promotion index is the second main strategy and the price and payment index, the service responsiveness index and finally the attitude, service, appearance and employee index are the 7P marketing mix strategies that are less accepted by consumers. Consumer satisfaction is presented mainly by the restaurant suitability and convenience index, restaurant promotion index, price and payment index that can increase customer satisfaction consumers by 4.13%, 2.08% and 3.69% while the age of consumers can reduce consumer satisfaction by 5.7% in Hayaku Steamboat and Yakiniku.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520050036
Uncontrolled Keywords: factor analysis, Japanese food, Malang
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 28 Jan 2021 07:29
Last Modified: 28 Jan 2021 07:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/182054
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item