Upaya Pengelola Sanggar Asmorobangun Memanfaatkan Modal Sosial Di Masyarakat Sebagai Bentuk Pengembangan Dan Pelestarian Budaya Lokal Topeng Malangan

Rokhmah, Hanifah Nur (2020) Upaya Pengelola Sanggar Asmorobangun Memanfaatkan Modal Sosial Di Masyarakat Sebagai Bentuk Pengembangan Dan Pelestarian Budaya Lokal Topeng Malangan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dibuat bertujuan untuk mengetahui upaya Sanggar Asmorobangun dalam menjalankan modal sosialnya di masyarakat serta menganalisa tentang pemanfaatan modal sosial dalam rangka mengembangkan dan melestarikan budaya lokal Topeng Malangan. Proses yang dilakukan Sanggar Asmorobangun dalam menjalankan modal sosial dengan tujuan untuk mengembangkan dan melestarikan kebudayaan lokal Topeng Malangan di masyarakat tersebut adalah melalui berbagai kegiatan dan fasilitas yang diberikan secara sukarela oleh Sanggar Asmorobangun. Dari sini menjadi penting untuk mengetahui bentuk dan pemanfaatan modal sosial yang dimiliki oleh pengelola sanggar. Penelitian ini menggunakan teori modal sosial dari Robert D. Putnam untuk menganalisis modal sosial yang terdiri atas bonding dan bridging dengan unsur modal sosial seperti kepercayaan, norma dan jaringan sosial mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran modal sosial yang dijalankan oleh pengelola Sanggar Asmorobangun sudah baik diterima oleh masyarakat, baik masyarakat sekitar maupun masyarakat luas. Aspek kepercayaan diterapkan melalui partisipasi masyarakat untuk ikut serta mempelajari Topeng Malangan, menjaga kerukunan dan ketertiban lingkungan sekitar. Norma yang terbentuk dalam sanggar dijalankan melalui norma sosial yang secara tidak langsung dipatuhi oleh masyarakat karena sesuai dengan nilai yang telah diajarkan dalam lingkungan mereka. Serta melalui pembentukan kepercayaan dan norma sosial tersebut, Sanggar Asmorobangun dapat membuka akses jaringan sosial dengan pihak eksternal guna mencapai tujuan yakni pengembangan dan pelestarian budaya lokal Topeng Malangan.

English Abstract

This research aims to determine the efforts of Sanggar Asmorobangun in running its social capital in the community as well as analyzing the utilization of socio-capital in order to develop and preserve the local culture Topeng Malangan. Sanggar Asmorobangun process in running social capital with the aim to develop and preserve the local culture Topeng Malangan in the community is through various activities and facilities provided voluntarily by Sanggar Asmorobangun. From here it becomes important to know the form and utilization of social capital owned by the workshop manager. The study used social capital theory from Robert D. Putnam to analyse social capital that consisted of bonding and bridging with elements of social capital such as their beliefs, norms and social networks. The method used in this research is a qualitative, descriptive method with data collection techniques through interviews, observations and documentation. The results of this research show that the role of social capital conducted by the manager of Sanggar Asmorobangun has been well received by the community, both the community and the wider community. Aspects of belief are applied through the participation of the community to participate in learning Topeng Malangan, maintain the harmony and order of the environment. The norms formed in the workshops are carried out through social norms that are indirectly adhered to by the public because they correspond to the values they have taught in their environment. As well as through the establishment of such beliefs and social norms, Sanggar Asmorobangun can open up social network with external parties to achieve the goal of the development and preservation of the local culture Topeng Malangan.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520110037
Uncontrolled Keywords: Topeng Malangan, Pelestarian dan Pengembangan, Modal Sosial., Topeng Malangan, Preservation and Development, Social Capital.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.1 General topics of social interaction > 302.14 Social participation
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 27 Jan 2021 06:19
Last Modified: 18 Apr 2023 02:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/182044
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
HANIFAH NUR ROKHMAH (2).pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item