Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Baby Crab Pada Industri Rumah Tangga “DM-SEAFOOD” Di Kabupaten Lamongan

Safitri, Annisa Noer (2020) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Baby Crab Pada Industri Rumah Tangga “DM-SEAFOOD” Di Kabupaten Lamongan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, adanya sumberdaya yang melimpah membuat persaingan dunia bisnis pada saat ini pun semakin ketat, hal tersebut mengakibatkan perubahan perilaku konsumen dalam mengambil keputusan untuk membeli sebuah produk atau mengkonsumsi sebuah produk. Mengetahui kondisi yang seperti itu mendorong suatu perusahaan untuk mempunyai strategi yang tepat dalam memenuhi target penjualan yang telah ditetapkan. Kebutuhan dan keinginan konsumen akan selalu meningkat dan beragam disetiap harinya. Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran, mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion). Kondisi persaingan bisnis yang semakin lama semakin pesat, dengan berbagai jenis karakter konsumen yang berbeda, hal tersebut membuat industri rumah tangga “DM-SEAFOOD” harus meningkatkan keunggulan produk dalam persaingan yang ada di pasar. Inovasi produk sangat perlu untuk dilakukan agar menjadi daya tarik konsumen terhadap suatu usaha. Tujuan dari penelitian ini meliputi hal sebagai berikut: Mengindentifikasi karakteristik konsumen produk baby crab, mengidentifikasi penilaian konsumen terhadap produk baby crab, menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian produk baby crab, serta menganalisis faktor bauran pemasaran yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk baby crab. Tempat dilaksanakannya penelitian bertepatan pada Industri Rumah Tangga “DM-SEAFOOD” Di Kabupaten Lamongan, dengan waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2020. Sedangkan metode pengambilan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan cara melakukan studi kepustakaan, penyebaran kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Untuk data yang dikumpulkan yaitu data primer dan data sekunder. Industri rumah tangga “DM-SEAFOOD” berdiri sejak tahun 2018. Usaha ini, didirikan oleh remaja berusia 22 tahun yang bernama, Dimas Agil Saputra di Kelurahan Blimbing, Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Dimana produk baby crab ini merupakan salah satu produk yang diproduksi oleh industri rumah tangga “DM-SEAFOOD”. Produk baby crab sendiri memiliki 4 varian rasa dengan 2 macam kemasan. 4 varian rasa tersebut meliputi rasa original, barbeque, balado dan pedas dengan kemasan 100gr dan 50gr. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka saran yang dapat diberikan oleh peneliti sebagai masukan dan bahan pertimbangan dalam mengembangkan usaha baby crab pada industri rumah tangga “DM-SEAFOOD” di Kabupaten Lamongan antara lain: perlu adanya pengembangan dan meluaskan promosi melalui media sosial, dimana media sosial saat ini sedang di minati oleh masyarakat luas, serta pentingnya harga tertulis untuk produk baby crab yang di display, sehingga konsumen tidak perlu lagi menanyakan berapa harga produk baby crab berkali-kali.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520080048
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 20 Feb 2021 07:08
Last Modified: 10 Jan 2023 01:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/182027
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Annisa Noer Safitri.pdf
Restricted to Registered users only until 31 March 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item