Menyibak Modus Fraud dan Pencegahannya Di Universitas Negeri XYZ. “Autobiografi” Seorang Pembantu Bendahara Pengeluaran

Rakhmatullah, Hans Wakhida (2019) Menyibak Modus Fraud dan Pencegahannya Di Universitas Negeri XYZ. “Autobiografi” Seorang Pembantu Bendahara Pengeluaran. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan praktik kecurangan di Universitas Negeri XYZ berdasarkan pengalaman peneliti dalam bekerja sebagai asisten bendahara pengeluaran. Penelitian interpretatif kualitatif ini menggunakan pendekatan otobiografi. Hasilnya menunjukkan bahwa praktik penipuan terjadi di unit kerja di Universitas Negeri XYZ. Penyebabnya adalah (a) kontrol internal yang buruk di universitas, (b) kelalaian dan kolusi yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu, (c) tekanan kinerja yang membuat karyawan melakukan apa pun untuk meningkatkan kinerja mereka, dan (d) tekanan dari atasan untuk menyelesaikan tugas tanpa menggunakan cara yang tidak pantas. Laporan pertanggungjawaban unit sektor publik tidak peduli tentang kesesuaian tetapi hanya sebatas kelengkapan dan validitas. Laporan dapat melewati pengawasan auditor jika lengkap dan valid. Pencegahan dalam perencanaan dapat dilakukan dengan membatasi ruang administrator perbendaharaan dalam persiapan RBA. Pencegahan dalam pencairan dana dilakukan dengan meminta dokumen perjalanan resmi seperti perjalanan antar wilayah dan pencatatan kilometer kendaraan universitas. Pencegahan dalam pertanggungjawaban dilakukan dengan mengurangi kegiatan dan pertemuan fiktif.

English Abstract

The objective of this study is to disclose fraud practices in State University XYZ based on the author’s experience in working as expenditure treasurer assistant. This qualitative interpretive study uses autobiographical approach. The result shows that fraud practices occur in work units in State University XYZ. The causes are (a) poor internal control in the university, (b) negligence and collusion committed by certain parties, (c) performance pressure that make employees do anything it takes to improve their performance, and (d) pressure from superiors to finish tasks regardless using inappropriate ways. Accountability report of public sector units does not care about appropriateness but document completeness and validity. The report can pass auditor’s surveillance if it is complete and valid. Prevention in planning can be made by limiting treasury administrator’s space in RBA preparation. Prevention in fund disbursement is made by requiring official trip documents such as interregional trips and odometer recording of university’s vehicles. Prevention in accountability is made by reducing frivolous activities and meetings.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/364.163/RAK/m/041901695
Uncontrolled Keywords: FRAUD
Subjects: 300 Social sciences > 364 Criminology > 364.1 Criminal offenses > 364.16 Offenses against property > 364.163 Fraud
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Jan 2021 07:38
Last Modified: 21 Jan 2021 07:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/181892
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item