Profil Asam Amino Gelatin Limbah Kulit dan Sisik Ikan Kerapu Tikus (Cromileptes altivelis)

Winarso, Prabowo Try (2020) Profil Asam Amino Gelatin Limbah Kulit dan Sisik Ikan Kerapu Tikus (Cromileptes altivelis). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Permintaan akan gelatin semakin meningkat setiap tahun, gelatin yang berasal dari babi dan sapi merupakan sumber utama gelatin yang ada di pasaran. Produksi gelatin dari kulit babi mencapai 46%, kulit sapi 29,4%, tulang sapi 23,1% dan sumber alternatif 1,5% dari total produksi gelatin dunia. Gelatin dari kulit babi tidak diterima oleh masyarakat muslim karena diharamkan dan dari kulit sapi tidak diterima oleh masyarakat Hindu. Pemanfaatan limbah kulit ikan menjadi gelatin dapat mengatasi rasa kekhawatiran masyarakat terhadap gelatin yang terbuat dari tulang dan kulit sapi atau babi. Salah satu limbah kulit ikan yang cocok untuk dijadikan bahan baku pembuatan gelatin adalah kulit dan sisik ikan kerapu. Ikan Kerapu yang cukup melimpah ketersediaannya di Indonesia sehingga sangat cocok dijadikan bahan baku pembuatan gelatin. Gelatin yang baik sangat dipengaruhi oleh sifat fisika dan kimiannya. Sifat fisika dan kimia gelatin yang sangat mempengaruhi kualitas gelatin antara lain rendemen, kekuatan gel, viskositas, pH dan kandungan asam aminonya. Asam amino merupakan faktor penting yang mempengaruhi kekuatan gel dan viskositas gelatin. Oleh karena itu, pentingnya penelitian ini, mengingat potensi hidrolisis protein kolagen menjadi gelatin merupakan produk potensial yang sangat ditentukan oleh asam amino penyusunnya. Sehingga, perlu dilakukannya penelitian untuk mengetahui profil asam amino penyusun gelatin limbah kulit dan sisik ikan Kerapu Tikus. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Dengan cara mengamati dan membandingkan hasil asam amino gelatin limbah kulit dan sisik ikan Kerapu Tikus dengan hasil asam amino gelatin limbah kulit dan sisik ikan jenis lain dari penelitian terdahulu. Jenis gelatin lain yang dibandingkan asam aminonya berasal dari ikan Kerapu Macan, ikan Kakap, ikan Kakap Merah, ikan Lencam dan gelatin Sapi komersil. Berdasarkan hasil penelitian profil asam amino pada gelatin limbah kulit dan sisik ikan Kerapu Tikus (Cromileptes altivelis). Diperoleh hasil analisa komposisi asam amino gelatin kulit dan sisik ikan Kerapu Tikus menunjukkan komposisi asam amino dengan metode UPLC memiliki kandungan asam amino tertinggi yaitu glisin dengan 21,64% dan prolin dengan 10,37%. Adapun asam-asam amino yang terkandung pada gelatin limbah kulit dan sisik ikan Kerapu Tikus sesuai urutan kemunculannya (retention time) seperti terlihat pada kromatogram, yaitu: NH3, Histidine, Serin, Arginin, Glisin, Asam asparpat, Asam glutamate, Threonine, Alanin, Prolin, Lysine, Tyrosin, Valin, Isoleusin, Leusin, Phenilalanin. Profil asam amino gelatin limbah kulit dan sisik ikan Kerapu Tikus sendiri terdeteksi sebanyak 15 jenis asam amino, 7 jenis diantaranya merupakan asam amino esensial (indispensable amino acid), yaitu Histidine, Threonine, Alanin, Leusin, Valin, Phenilalanin, Isoleusin dan Lysine. Sisanya 8 jenis merupakan asam amino non esensial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2020/83/052003929
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 30 Dec 2020 06:14
Last Modified: 21 Oct 2021 03:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/181818
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Prabowo Try Winarso (2).pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2022.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item