Analisis Kesesuaian Wisata Pantai Di Desa Watukarung Kabupaten Pacitan

Anggita, Ranu (2020) Analisis Kesesuaian Wisata Pantai Di Desa Watukarung Kabupaten Pacitan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kawasan wisata tentu perlu diketahui tingkat kesesuaiannya untuk mengetahui kawasan tersebut sesuai dikatakan sebagai destinasi wisata atau tidak. Persepsi wisatawan akan memberikan materi yang dapat digunakan sebagai bahan evaluasi serta pengembangan kawasan wisata. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai Februari 2020 di kawasan wisata Pantai Watukarung Kabupaten Pacitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian wisata pantai dan persepsi wisatawan terhadap sarana dan prasarana serta kualitas ekologi di kawasan wisata Pantai Watukarung. Data yang digunakan adalah data primer meliputi kedalaman perairan (m), lebar pantai (m), dasar perairan, tipe pantai, kemiringan pantai (°), kecerahan perairan (%), kecepatan arus (m/s), biota berbahaya, penutupan lahan dan ketersediaan air tawar (m). Data sekunder yang didapatkan dengan melakukan studi literatur mengenai penelitian terdahulu untuk mendapatkan data penunjang terkait penelitian ini. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu purposive sampling dengan membagi kawasan pantai menjadi 3 stasiun yang terdiri dari stasiun 1 terletak di bagian timur, stasiun 2 terletak dibagian tengah, dan stasiun 3 terletak dibagian barat kawasan wisata Pantai Watukarung. Penyebaran kuesioner dilakukan untuk mengetahui persepsi wisatawan terhadap kawasan wisata Pantai Watukarung. Analisis yang digunakan yaitu analisis kesesuaian wisata dengan menghitung Indeks Kesesuaian Wisata (IKW) berdasarkan data hasil dari seluruh parameter yang diukur ditiap stasiun. Analisis deskriptif digunakan terkait persepsi wisatawan terhadap sarana dan prasarana serta kualitas ekologi di kawasan wisata Pantai Watukarung. Hasil penelitian didapatkan nilai IKW pada stasiun I sebesar 2,470, stasiun II didapatkan nilai sebesar 2,590 dan pada stasiun III didapatkan nilai sebesar 2,465. Pantai Watukarung memiliki nilai IKW sebesar 2,508 dan dapat dikategorikan sesuai untuk wisata pantai. Mayoritas wisatawan menyatakan sarana dan prasarana berupa akses jalan, ketersediaan kios penjual makanan dan minuman, serta ketersediaan lahan parkir di Pantai Watukarung dianggap baik dan memadai serta prasarana berupa toilet umum dianggap cukup baik oleh sebagian besar wisatawan. Kualitas ekologi di Pantai Watukarung yang meliputi keindahan alam, kebersihan, kenyamanan, kualitas air, pengalaman berwisata, sambutan masyarakat, keamanan dan pengelolaan di Pantai Watukarung, mayoritas wisatawan dengan rata-rata sebesar 59,38% menyatakan baik.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2020/247/052004052
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 30 Dec 2020 06:42
Last Modified: 18 Apr 2023 02:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/181810
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ranu Anggita (2).pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item