Pengaruh Perbedaan Warna Lampu LED Terhadap Hasil Tangkapan pada Bagan Tancap di Kecamatan Lekok Kapubaten Pasuruan

Prasetyo, Demietrius Seto (2020) Pengaruh Perbedaan Warna Lampu LED Terhadap Hasil Tangkapan pada Bagan Tancap di Kecamatan Lekok Kapubaten Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perairan laut utara di Jawa Timur, khususnya di Kabupaten Pasuruan memiliki potensi sumberdaya perikanan yang cukup besar. Terdapat beberapa jenis alat tangkap yang digunakan di perairan Lekok, Kabputen Pasuruan, salah satunya adalah bagan tancap yang secara tradisional menggunakan lampu petromaks sebagai alat bantu penangkapan. Tujuan penelitian ini engetahui perbedaan warna lampu atas permukaan air laut yang paling baik untuk mengoptimalkan jumlah hasil tangkapan ikan di Perairan Lekok. dan menganalisis jenis-jenis hasil tangkapan ikan yang paling dominan dari perbedaan perlakuan 3 Warna (Merah, Hijau dan Biru) lampu atas permukaan air di Perairan Lekok. Penelitian dilakukan di perairan Lekok, bulan Januari-Februari 2020 menggunakan bagan nelayan setempat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode experimental fishing. Data dianalisis menggunakan rancangan acak kelompok untuk mengetahui bagaimana pengaruh perbedaan warna cahaya lampu terhadap hasil tangkapan ikan. Hasil tangkapan dari bagan tancap menggunakan alat bantu penangkapan dengan lampu LED berwarna terdiri dari cumi-cumi (Photololigo duvaucelii), teri nasi (Stolephorus sp.), petak selar (Selaroides leptolepis), Barakuda (Sphyraena sp.), mata besar (Priancanthus hamrur) dan tembang putih (Escualosa thoracata). Berdasarkan analisis sidik ragam didapatkan nilai F hitung sebesar 4,343 dan F tabel 3,63 dan Pada faktor banyaknya pengulangan didapatkan nilai F hitung sebesar 3,961 dan F tabel 2,59. Keduanya memiliki nilai F hitung > F tabel atau nilai signifikansi > 0,05 Sehingga dapat disimpulkan dengan keputusan sehingga terima H1 tolak H0. Artinya perbedaan kedua faktor terdapat perbedaan yang signifikan.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2020/185/052004074
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 30 Dec 2020 06:28
Last Modified: 30 Dec 2020 06:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/181798
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item