Komposisi Hasil Tangkapan Purse Seine Di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Tambakrejo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur

Ramadhani, Eriska (2020) Komposisi Hasil Tangkapan Purse Seine Di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Tambakrejo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Purse seine merupakan suatu alat tangkap yang digolongkan dalam kelompok jaring lingkar, karena cara pengoperasian purse seine dengan cara melingkari gerombolan ikan. Purse seine memiliki hasil tangkapan yang sangat bervariasi. Komposisi hasil tangkapan adalah susunan spesies hasil tangkapan yang diperoleh dari kegiatan penangkapan. Dengan mengetahui komposisi hasil tangkapan maka dapat diketahui spesies apa saja dan berat (kg) dari spesies yang tertangkap dari kegiatan penangkapan dengan alat tangkap tertentu, sehingga dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai spesies penyusun komposisi hasil tangkapan purse seine untuk mengetahui kondisi perikanan di PPI Tambakrejo, Kabupaten Blitar. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari – Maret 2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komposisi, keanekaragaman dan keseragaman hasil tangkapan purse seine di PPI Tambakrejo, Blitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif didapat dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Data komposisi sebanyak 18 pengulangan yang meliputi data berat (kg) dan jumlah individu (ekor) spesies ikan. Mengidentifikasi spesies ikan yang tertangkap oleh purse seine. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan software Microsoft excel untuk megolah data hasil tangkapan meliputi komposisi, indeks keanekaragaman dan indeks keseragaman. Selanjutnya analisis uji one way ANOVA dan uji lanjut LSD (Least Significant Differences) untuk mengetahui adanya perbedaan variasi berat hasil tangkapan. Hasil tangkapan alat tangkap purse seine berjumlah 6 spesies ikan yaitu Lemuru (Sardinella lemuru), Tongkol lisong (Auxis rochei), Tongkol komo (Euthynus Affinis), Layang (Decapterus macrellus), Cakalang (Katsuwonus pelamis), Tembang (Sardinella fimbriata). Komposisi berat (kg) tertinggi dari hasil tangkapan alat tangkap purse seine di PPI Tambakrejo yaitu ikan Tongkol Lisong (Auxis rochei) sebesar 81% dan persentase terkecil yaitu ikan Tembang (Sardinella fimbriata) sebesar 1%. Hasil pengujian untuk mengetahui variasi berat menunjukkan perbedaan nyata yang signifikan pada Tongkol Lisong (Auxis rochei). Hal ini dipengaruhi oleh musim dan cuaca pada saat pengoperasian alat tangkap purse seine. Indeks keanekaragaman (H’) mendapatkan hasil sebesar 0,7 maka keanekaragaman hasil tangkapan purse seine di PPI Tambakrejo rendah. Indeks keseragaman (E) mendapatkan hasil sebesar 0,4 maka keseragaman jenis hasil tangkapan purse seine di PPI Tambakrejo rendah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan susunan spesies komposisi hasil tangkapan purse seine di PPI Tambakrejo, Kabupaten Blitar.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2020/204/052004093
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing > 639.22 Fishing in salt waters
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 30 Dec 2020 00:10
Last Modified: 09 Nov 2021 10:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/181786
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Eriska Ramadhani (2).pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2022.

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item