Analisis Keragaman Genetik Ikan Lempuk (Gobiopterus sp.) Berdasarkan DNA Mitokondria Menggunakan Sekuens Cytochrome Oxidase Subunit I (COI) di Ranu Grati, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur

Razak, Firda Rabbani (2020) Analisis Keragaman Genetik Ikan Lempuk (Gobiopterus sp.) Berdasarkan DNA Mitokondria Menggunakan Sekuens Cytochrome Oxidase Subunit I (COI) di Ranu Grati, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keragaman jenis ikan terus mengalami tekanan yang serius dari beberapa faktor. Salah satu spesies endemik yang mengalami hal tersebut yakni ikan lempuk (Gobiopterus sp.). Ikan lempuk merupakan spesies endemik Ranu Grati yang upaya konservasinya masih rendah serta terancam keberadaan ikan introduksi di daerah tersebut yang bersifat merugikan, terutama terkait dengan keragaman spesies ikan. Rendahnya upaya konservasi juga disebabkan karena pengetahuan tentang taksonomi serta distribusi spesies endemik yang masih kurang berkembang dan beberapa dari spesies tersebut belum diidentifikasi. Upaya yang dapat dilakukan yakni melalui analisis keragaman genetik secara molekuler berdasarkan gen mitokondrial DNA, Cytochrome Oxidase Sub Unit I (COI). Keunggulan situs COI yakni primer dapat menempel dengan kuat karena gen ini bersifat lestari (conserved) sehingga dapat digunakan untuk mengidentifikasi spesies. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui nilai keragaman genetik dan struktur populasi Gobiopterus spp. di Ranu Grati, Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober - Desember 2019 di Laboratorium Hidrologi Divisi Sumberdaya Ikan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Laboratorium Faal dan Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang menggambarkan keragaman genetik dan struktur Gobiopterus sp. di Ranu Grati yang diukur berdasarkan beberapa parameter yakni jumlah haplotipe, keragaman haplotipe, keragaman nukleotida dan indeks fiksasi berpasangan. Spesimen diambil dari 5 stasiun di wilayah Ranu Grati dengan titik koordinat tertentu. Sampel disimpan dalam larutan TNESU8 buffer lalu dipreservasi menggunakan alkohol 96% dan didokumentasi, kemudian dilakukan ekstraksi DNA, lalu diamplifikasi dengan metode PCR, divisualisasikan melalui tahap elektroforesis, disekuensing dan hasil data berupa elektroferogram dianalisis menggunakan software serta dibandingkan data populasi di Ranu Grati dengan beberapa populasi di Jawa, Malaysia dan Filipina yang didapatkan dari GenBank. Hasil analisis keragaman genetik Gobiopterus sp. ditinjau dari parameter jumlah haplotipe, keragaman nukleotida dan keragaman haplotipe hasil keragaman yang didapatkan pada populasi Pasuruan dengan total sekuens sebanyak (n) 20, (Hd) 0,279 dan (π) 0,00044 tergolong rendah. Hasil analisis struktur populasi genetik Gobiopterus sp. kombinasi berpasangan yang didapatkan pada populasi Pasuruan dan Filipina sebesar 0,99682 tergolong tinggi dan mengindikasikan tidak ada aliran gen diantara kedua populasi tersebut.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2020/217/052004022
Uncontrolled Keywords: -
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 21 Dec 2020 07:41
Last Modified: 11 Apr 2023 01:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/181784
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Firda Rabbani Razak (2).pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item