Rencana Strategis Wisata Mangrove Hijau Daun Desa Daun Kecamatan Sangkapura Pulau Bawean, Jawa Timur.

Madjiyero, Gunung (2020) Rencana Strategis Wisata Mangrove Hijau Daun Desa Daun Kecamatan Sangkapura Pulau Bawean, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rencana strategis sangat diperlukan untuk perencanaan pengembangan kegiatan wisata agar langkah yang diambil dalam berkembang lebih efektif. Penelitian ini dilakukan untuk membuat suatu rencana strategis bagi pengembangan Wisata Mangrove Hijau Daun Bawean. Lokasi penelitian berada di lokasi Wisata Mangrove Hijau Daun Desa Daun Kecamatan Sangkapura Pulau Bawean, Jawa Timur. Lokasi wisata ini dikelola oleh Kelompok Masyarakat Pengawas (POKMASWAS) Hijau Daun. Tujuan dari dilakukannya penelitian rencana strategis ini yang pertama adalah mengetahui potensi wisata yang ada di lokasi wisata Mangrove Hijau Daun Pulau Bawean, Jawa Timur. Yang kedua adalah menentukan rencana strategis yang bisa digunakan oleh Kelompok Masyarakat Pengawas (POKMASWAS) Hijau Daun untuk pengembangan Wisata Mangrove Hijau Daun. Serta yang ketiga adalah menentukan rencana kebijakan yang sesuai untuk digunakan sebagai acuan pengelolaan Wisata Mangrove Hijau Daun. Metode yang digunakan pada penelitian mengenai rencana strategis ini adalah metode deskriptif. Penelitian ditunjang dengan dua jenis data yaitu data primer dan juga data sekunder. Data primer didapatkan dari pengisian kuesioner SWOT dan AHP yang dilakukan oleh responden, sedangkan data sekunder didapat dari studi literatur tentang penelitian sejenis. Metode pengambilan data yang digunakan pada penelitian ini dilakukan dengan 5 pendekatan yaitu pengambilan data dengan pendekatan kuesioner, observasi lapangan, dokumentasi, wawancara dan juga partisipasi aktif. Analisis yang digunakan adalah analisis SWOT dan analisis AHP. Data yang dihasilkan pada analisis SWOT adalah berupa rencana strategi yang nantinya akan dianalisis menggunakan analisis AHP yang akan menghasilkan alternative prioritas kebijakan pengembangan Wisata Mangrove Hijau Daun. Dari hasil yang didapatkan, strategi yang sesuai untuk digunakan dalam upaya pengembangan Wisata Mangrove Hijau Daun berada dalam kuadran I yang berarti strategi yang mendukung untuk hasil ini adalah strategi agresif dengan memanfaatkan kekuatan yang dimiliki untuk meraih peluang sebanyak mungkin. Alternatif kebijakan yang dapat dilakukan sesuai dengan prioritas adalah 1) pengembangan kualitas sumberdaya manusia 2) pengembangan potensi wisata 3) pengembangan sumberdaya mangrove, lamun dan terumbu karang 4) pengembangan sarana dan prasarana 5) meningkatkan pendapatan 6) kebijakan pemerintah 7) penegakan hukum.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2020/202/052004091
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.401 Planning, policy making, control, quality management > 658.401 2 Planning and policy making
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 29 Dec 2020 22:42
Last Modified: 06 Jan 2023 00:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/181774
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Gunung Madjiyero (2).pdf
Restricted to Registered users only until 31 March 2023.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item