Udzualita, Fahrullis (2019) Analisis Desain Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Partial Least Square (Studi Kasus Keripik Apel Di Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Persaingan produk agroindustri olahan apel cukup ketat di tengah banyaknya merek dan harga jual yang lebih rendah antara produsen satu dengan yang lain. Persaingan harga yang ketat tersebut mengakibatkan penurunan kualitas dari produk, dikarenakan produsen terus mencoba meminimalisir biaya produksi. Produk olahan apel merupakan produk oleh-oleh yang menjadi ciri khas kota Batu Malang. Produk oleh-oleh, harus memiliki karakter yang kuat dari sisi kualitas dan kemasan yang sangat menarik, dengan konsekuensi harga yang sedikit mahal. Perusahaan dituntut untuk lebih kreatif mendesain produknya agar lebih menarik dari para pesaing.Salah satu daya tarik yang dapat ditonjolkan dari sebuah produk adalah kemasannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bentuk, label, warna dan ukuran kemasan terhadap keputusan pembelian konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bentuk, label, warna dan ukuran kemasan terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan metode Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bentuk kemasan memberikan pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel label kemasan memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel warna kemasan memberikan pengaruh yang positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel ukuran kemasan memberikan pengaruh yang positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian.
English Abstract
Competition for apple-processed agroindustry products is quite tight amidst the many brands and lower selling prices between producers and each other. The tight price competition results in a decrease in the quality of the product, because producers continue to try to minimize production costs. Apple processed products are souvenir products that characterize Batu Malang. Souvenir products must have a strong character in terms of quality and packaging that is very attractive, with the consequence that prices are a little expensive. Companies are required to be more creative in designing their products to be more attractive from competitors. One attraction that can be highlighted from a product is its packaging. The purpose of this study is to analyze the shape, label, color and size of packaging for consumer purchasing decisions. This research was conducted using the Partial Least Square (PLS) method. The results of the study showed that the packaging form variables had a positive but not significant effect on purchasing decisions. Packaging label variables have a positive and significant influence on purchasing decisions. Packaging color variables have a positive but not significant effect on purchasing decisions. Variables in packaging size have a positive but not significant effect on purchasing decisions
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTP/2019/234/02002059 |
Uncontrolled Keywords: | Desain Kemasan, Keputusan Pembelian, Packaging design, Purchase Decision |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.5 Management of production > 658.56 Product control, packaging; waste control and utilization > 658.564 Packaging |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 10 Aug 2020 06:34 |
Last Modified: | 10 Aug 2020 06:34 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/181340 |
Text
FAHRULLIS UDZUALITA (2).pdf Download (5MB) |
Actions (login required)
View Item |