Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Pelanggan Gula Semut Orgaren (Studi pada PT Orgaren Indonesia Jaya

Nugroho, Yusuf Adi (2020) Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Pelanggan Gula Semut Orgaren (Studi pada PT Orgaren Indonesia Jaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Gula semut merupakan salah satu alternatif pemanis pengganti gula pasir yang lebih sehat mengingat indeks glikemik gula semut (gula palma) lebih rendah dibandingkan gula pasir, sehingga lebih lambat terjadinya pembentukan gula darah di dalam tubuh setelah mengkonsumsi gula tersebut. PT. Orgaren Indonesia Jaya adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bisnis gula semut. Perusahaan ini memanfaatkan peluang melihat fenomena bahwa kesadaraan masyarakat terhadap kesehatan sudah semakin meningkat dan mulai beralih untuk mengkonsumsi pangan yang lebih sehat. Salah satunya adalah mulai beralih mengkonsumsi gula semut (gula palma) untuk mendapatkan rasa manis. PT. Orgaren Indonesia Jaya telah menyusun strategi bauran pemasaran (produk, harga, tempat, promosi) atau yang sering disebut dengan 4 P (product, price, place, promotion) yang diharapkan dapat membuat konsumen memutuskan untuk membeli gula semut orgaren, dan keputusan membeli tersebut mengakibatkan konsumen merasa puas. Namun selama ini belum pernah diteliti apakah strategi bauran pemasaran yang telah ditetapkan tersebut, sudah optimal dalam memberikan keuntungan perusahaan atau belum. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah product, price, place, promotion berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dan apakah keputusan pembelian berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Data dikumpulkan berdasarkan pengisian kuesioner. Sampel yang akan diambil adalah konsumen yang sebelumnya sudah pernah membeli gula semut orgaren 2 kali dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode PLS karena PLS merupakan salah satu alat statistik yang digunakan untuk mengetahui kompleksitas hubungan suatu variable laten dan variable lainnya, serta hubungan suatu variable laten dan indikatornya, serta dapat digunakan dalam jumlah sampel yang kecil.

English Abstract

Ant sugar is one of the healthier alternatives to sugar substitute, remembering that the glycemic index of ant sugar (palm sugar) is lower than sugar, so that blood sugar is formed more slowly in the body after consuming the sugar. PT. Orgaren Indonesia Jaya is one of the companies engaged in the ant sugar business. The company is taking advantage of the opportunity to see the phenomenon that public awareness of health has increased and has begun to switch to consuming healthier food. PT. Orgaren Indonesia Jaya has developed a marketing mix strategy (product, price, place, promotion) or often referred to as 4 P (product, price, place, promotion) which is expected to make consumers decide to buy orgaren ant sugar, and the buying decision results in consumers are satisfied. But so far it has never been investigated whether the marketing mix strategy that has been set, is optimal in providing company profits or not. Based on this, the purpose of this study is to find out whether the product, price, place, promotion influences the purchase decision, and whether the purchase decision affects customer satisfaction. Data is collected based on filling out the questionnaire. Samples to be taken are consumers who have previously bought orgaren ant sugar twice with a total of 100 respondents. Data processing is performed using the PLS method because PLS is one of the statistical tools used to determine the complexity of the relationship of a latent variable and other variables, as well as the relationship of a latent variable and its indicators, and can be used in a small sample size.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2020/17/052003866
Uncontrolled Keywords: Analisis bauran pemasaran, Gula semut orgaren, PLS, marketing mix analysis, orgaren ant sugar , PLS
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:36
Last Modified: 09 Jan 2023 03:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/181291
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Yusuf Adi Nugroho (2).pdf
Restricted to Registered users only until 31 March 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item